Polres Raja Ampat Dirikan Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera

Kamis, 11 Februari 2021 - 23:31 WIB
loading...
Polres Raja Ampat Dirikan Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera
Polres Raja Ampat Dirikan Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera. Foto/Ist
A A A
WAISAI - Jajaran Polres Raja Ampat akhirnya resmi memiliki Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahterakan (GRACIAS) yang didirikan Polsek Waigeo Selatan, Polres Raja Ampat .

Posko GRACIAS diresmikan Kapolres Raja Ampat AKBP Andrew JW Manuputty didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Raja Ampat Jusuf Salim, Kamis (11/2/2021). Selain meresmikan Posko GRACIAS, Kapolres juga meresmikan dermaga tangguh milik Polsek Waigeo Selatan. (Baca juga: KM Sabuk Nusantara 62 Kandas di Perairan Raja Ampat, Terumbu Karang Hancur )

Posko Gracias di dalamnya terdapat rumah distabilitas, balai Persisi (prediktif, responsibilitas, tranparansi, berkeadilan). Posko Tere merupakan program 100 hari kerja dari Kapolri Jenderal Polisi listyo Sigit Prabowo yang diperuntukan untuk semua Polres di seluruh Indonesia. (Baca juga: 1 Tersangka Penyerangan Relawan Kolom Kosong Dibekuk Polres Raja Ampat )

Kapolres Raja Ampat AKBP Andrew JW Manuputty mengatakan, Jajaran Polres Raja Ampat bergerak cepat dengan mengimplementasikan program prioritas Kapolri tahap pertama dari 100 hari kerjanya. Yaitu Polsek yang berbasis resolusi, dimana Polsek harus menjadi resolusi untuk berbagai macam permasalahan yang ada didalam wilayah hukum Polsek tersebut.

"Seperti hari ini diresmikan Balai Persisi Polsek Waigeo Selatan yang merupakan pilot project untuk beberapa Polsek diwilayah hukum Polres Raja Ampat. Tugasnya menjadi restorasi Justice dalam menyelesaikan permasalahan di wilayah kerjanya," kata dia.

Selain menyelesaikan konflik di masyarakat, balai persisi ini juga menyedikan ruangan konseling, yang menitikberatkan pada permasalahan yang lebih kecil. "Misalnya masalah keluarga. Antara ayah dan anak, atau anak dengan ibu ataupun sebaliknya," ujar dia.

Menurut Kapolres, Balai Persisi sangat serbaguna, karena bisa di pakai untuk program-program yang berkaitan dengan Capasity Bulding, misalnya penyuluhan, pelatihan-pelatihan, anak belajar ngaji dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

"Namun dalam menjalankan semua program kerja tersebut kami selalu berpedoman pada protokol kesehatan. Yaitu memakai masker, ukur suhu tubuh, dan juga mencuci tangan atau disemprot dengan hansd sanitaiser," kata Kapolres.

Selain program tersebut ada juga Balai Gracias (Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera).

"Tadi sudah di-launching dan saya juga telah perintahkan kepada polsek-polsek diwilayah hukum Polres Raja Ampat agar melaksanakan program tersebut," kata dia.

Balai Gracia ini bertujuan untuk membantu anak- anak mengikuti proses pembelajaran secara daring. "Jadi anak-anak sekolah ataupun mahasiswa bisa datang ke Balai Gracia untuk menggunakan WIFI gratis. Untuk sekolah atau kuliah secara daring dimasa pendemi COVID," ungkap Kapolres.

Selain program kerja tadi, ada juga program distablitas dari Kapolri yang diterapkan ke polres-polres di setiap Kabupaten/kota di seluruh Idonesia.

"Setiap Polres harus menyediakan fasilitas untuk orang-orang penyandang distalibitas. Baik itu di mesjid ataupun gereja yang berada di dalam lingkungan polres tersebut dan juga di polsek-polsek," kata dia.

Sedangkan untuk dermaga tangguh, menurut Kapolres, pihaknya akan memberlakukan disemua dermaga yang ada di wilayah Raja Ampat. Hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19.

Sementara itu, Sekda Raja Ampat, Jusuf Salim, dalam sambutanya saat me-launching Balai Persisi, menyambut baik program kerja Kapolri tersebut.

"Saya atas nama Pemda Raja Ampat menyambut baik dengan program ini. Program ini sangat membantu pemerintah daerah dalam melihat permasalahan-permasalahan d akar rumput yang jarang terpantau," kata dia.

Sekda menegaskan kepada semua pimpinan OPD untuk bisa melihat program ini dan dapat membantu pihak Kepolisian.
"Kalau bisa dibantu yah bantu, karena program ini sangat baik karena bersentuhan langsung kepada masyarakat," kata Sekda.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)