Polres Raja Ampat Dirikan Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera

Kamis, 11 Februari 2021 - 23:31 WIB
loading...
Polres Raja Ampat Dirikan Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera
Polres Raja Ampat Dirikan Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera. Foto/Ist
A A A
WAISAI - Jajaran Polres Raja Ampat akhirnya resmi memiliki Posko Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahterakan (GRACIAS) yang didirikan Polsek Waigeo Selatan, Polres Raja Ampat .

Posko GRACIAS diresmikan Kapolres Raja Ampat AKBP Andrew JW Manuputty didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Raja Ampat Jusuf Salim, Kamis (11/2/2021). Selain meresmikan Posko GRACIAS, Kapolres juga meresmikan dermaga tangguh milik Polsek Waigeo Selatan. (Baca juga: KM Sabuk Nusantara 62 Kandas di Perairan Raja Ampat, Terumbu Karang Hancur )

Posko Gracias di dalamnya terdapat rumah distabilitas, balai Persisi (prediktif, responsibilitas, tranparansi, berkeadilan). Posko Tere merupakan program 100 hari kerja dari Kapolri Jenderal Polisi listyo Sigit Prabowo yang diperuntukan untuk semua Polres di seluruh Indonesia. (Baca juga: 1 Tersangka Penyerangan Relawan Kolom Kosong Dibekuk Polres Raja Ampat )

Kapolres Raja Ampat AKBP Andrew JW Manuputty mengatakan, Jajaran Polres Raja Ampat bergerak cepat dengan mengimplementasikan program prioritas Kapolri tahap pertama dari 100 hari kerjanya. Yaitu Polsek yang berbasis resolusi, dimana Polsek harus menjadi resolusi untuk berbagai macam permasalahan yang ada didalam wilayah hukum Polsek tersebut.

"Seperti hari ini diresmikan Balai Persisi Polsek Waigeo Selatan yang merupakan pilot project untuk beberapa Polsek diwilayah hukum Polres Raja Ampat. Tugasnya menjadi restorasi Justice dalam menyelesaikan permasalahan di wilayah kerjanya," kata dia.

Selain menyelesaikan konflik di masyarakat, balai persisi ini juga menyedikan ruangan konseling, yang menitikberatkan pada permasalahan yang lebih kecil. "Misalnya masalah keluarga. Antara ayah dan anak, atau anak dengan ibu ataupun sebaliknya," ujar dia.

Menurut Kapolres, Balai Persisi sangat serbaguna, karena bisa di pakai untuk program-program yang berkaitan dengan Capasity Bulding, misalnya penyuluhan, pelatihan-pelatihan, anak belajar ngaji dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

"Namun dalam menjalankan semua program kerja tersebut kami selalu berpedoman pada protokol kesehatan. Yaitu memakai masker, ukur suhu tubuh, dan juga mencuci tangan atau disemprot dengan hansd sanitaiser," kata Kapolres.

Selain program tersebut ada juga Balai Gracias (Gerakan Anak Cerdas Indonesia Aman Sejahtera).

"Tadi sudah di-launching dan saya juga telah perintahkan kepada polsek-polsek diwilayah hukum Polres Raja Ampat agar melaksanakan program tersebut," kata dia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3078 seconds (11.210#12.26)