Sambut Imlek, Umat Konghucu di Pangkalpinang Gelar Sembahyang Sam Sip Pu

Kamis, 11 Februari 2021 - 14:03 WIB
loading...
Sambut Imlek, Umat Konghucu di Pangkalpinang Gelar Sembahyang Sam Sip Pu
Umat konghucu di Pangkalpinang gelar sembahyang Sam Sip Pu.Foto/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Umat Konghucu di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar sembahyang Sam Sip Pu (hari tutup tahun lmlek). Ritual tersebut sebagai bentuk rasa syukur dan menghormati leluhur serta memohon kebaikan di tahun baru.

Afin, warga Kelurahan Bintang, Pangkalpinang, mengatakan merupakan hari terakhir tahun bertepatan pada tanggal 30 bulan 12 akhir tahun penanggalan Imlek. "Sudah dari pagi tadi sembahyang. Family mulai dari anak, menantu, cucu semua kumpul di rumah," kata Afin, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, sembahyang yang digelar di depan rumah di dua buah altar yang sudah disiapkan sebelumnya, bisa dilakukan pada waktu pagi, siang, sore hingga malam hari. "Anak-anaknya cucu yang datang sembahyang secara bergantian. Nanti malam pergi ke kelenteng juga," ujarnya.

Baca juga: Dukung Literasi Membaca, Bupati Jayapura Kunjungi Rumah Baca Yoboi

Ia menuturkan, perayaan Imlek tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam suasana pandemi COVID-19. "Paling cuma kumpul-kumpul keluarga saja. Tapi tidak bisa terima tamu, karena masih dalam suasana pandemi corona ini," ucapnya.

Sam Sip Pu tidak hanya digelar di rumah saja. Pantauan media ini sejak Kamis pagi atau sehari jelang tahun baru Imlek 2572, sejumlah kelenteng di Pangkalpinang, mulai dikunjungi umat Konghucu yang ingin sembahyang di hari Sam Sip Pu.

Namun gelaran tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka yang datang ke kelenteng wajib menerapkan protokol kesehatan COVID-19, agar terhindar dari paparan corona.

Baca juga: Tak Kuat Tahan Birahi, Pria di Bengkulu Gauli Kakak Ipar Sendiri

Mereka juga diminta untuk menjaga jarak antara satu sama lain dan menghindari kerumuman. Sementara itu, antraksi barongsai yang selalu menghibur warga dimalam sambut tahun baru Imlek, ditiadakan untuk sementara waktu.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)