Dewa dan Dewi Mandi Kembang, Umat Konghucu di Klenteng Hok Tek Bio Khusuk Menyambut Imlek

Kamis, 11 Februari 2021 - 07:44 WIB
loading...
Dewa dan Dewi Mandi Kembang, Umat Konghucu di Klenteng Hok Tek Bio Khusuk Menyambut Imlek
Umat Konghucu melakukan persiapan perayaan Tahun Baru Imlek, di Klenteng Hok Tek Bio Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto/iNews TV/Acep Muslim
A A A
CIAMIS - Menjelang Tahun Baru Imlek , kesibukan terlihat meningkat di Klenteng Hok Tek Bio Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Umat Konghucu melakukan pembersihan klenteng , serta memandikan para dewa dan dewi menggunakan air kembang.



Para dewa dan dewi seperti Dewa Kwan Kong, dan Dewi Kwan Im, semua diturunkan dari altarnya untuk dibersihkan. Satu-persatu dimandikan menggunakan air kembang yang sudah disiapkan, kemudian ditempatkan kembali di altarnya.

Jumlah umat yang memandikan para dewa dan dewi kali ini hanya beberapa orang saja. Jumlahnya sangat dibatasi. Hal ini disebabkan oleh adanya pandemi COVID-19, sehingga kegiatan yang biasanya ramai kini lebih lengang.



Salah satu umta Konghucu di Klenteng Hok Tek Bio, Eva berharap, di Tahun Baru Imlek ini, pendemi COVID-19 segera berakhir dan ke depan kondisinya akan jauh lebih baik. "Semoga situasinya segera kembali normal, termasuk ekonomi masyarakat juga segera normal," tuturnya.



Ketua Pengurus Klenteng Hok Tek Bio, Hidayat berharap, Tahun Baru Imlek bisa membawa keberkahan kepada semua umat di bumi, dan segala bencana yang terjadi di Indonesia, bisa segera berlalu.

Meski perayaam Tahun Baru Imlek kali ini tidak semeriah tahun sebelumnya, namun tidak menghalangi khidmatnya peribadatan yang berlangsung. "Kami berharap ke depan segalanya akan lebih baik, dan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas agar tidak terpapar COVID-19," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6564 seconds (0.1#10.140)