Dana Pemulihan Pariwisata Bali Rp9,9 Triliun Masuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 11 Februari 2021 - 13:25 WIB
loading...
Dana Pemulihan Pariwisata Bali Rp9,9 Triliun Masuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster di Denpasar, Kamis (11/2/2021).
A A A
DENPASAR - Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali mendapat angin segar. Dana Rp9,9 triliun untuk pemulihan akibat dampak pandemi sudah masuk pembahasan program pemulihan ekonomi nasional.

"Program stimulus soft loan yang dimintakan masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Pak Gubernur sekarang dalam pembahasan di program pemulihan ekonomi nasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai bertemu dengan Gubernur Bali I Wayan Koster di Denpasar, Kamis (11/2/2021).

Baca juga: Dukung Literasi Membaca, Bupati Jayapura Kunjungi Rumah Baca Yoboi

Untuk menggoalkan usulan itu, Sandi mengatakan sudah bertemu langsung dengan Menteri Keuangan, Menko Perekonomian, Menko Marves dan beberapa kementerian lain di kabinet.

Dia menyebut Bali selama ini menjadi tulang punggung pariwisata. Sebelum pandemi, Bali menyumbangkan USD 20 miliar kepada devisa.

Dana itu diupayakan melalui skema soft loan dengan bentuknya pinjaman jangka panjang dan bunganya sedikit di bawah KUR. "Bisa dikelola perbankan agar langsung menetes ke karyawan di sektor yang sangat terdampak," ujar Sandi.

Baca juga: Temui Kapolda Bawa Celurit dan Kapak, Pria Ini Minta Rujuk dengan Polwan

Sementara itu, Gubernur Koster mengatakan, dana itu merupakan aspirasi pelaku usaha pariwisata dan sektor pendukungnya. "Kami mohon pak menteri program ini bisa direalisasikan pada tahun 2021 ini. Semakin cepat makin baik. Agar nafas pelaku usaha pariwisata kita bisa kita tolong dan selamatkan," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)