Sekolah di Makassar Mulai Persiapan Ikuti Assesmen Nasional

Kamis, 11 Februari 2021 - 09:26 WIB
loading...
Sekolah di Makassar Mulai Persiapan Ikuti Assesmen Nasional
Sekolah di Makassar mulai persiapan untuk mengikuti assesmen nasional yang digelar September. Foto: Sidonews/dok
A A A
MAKASSAR - Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2021 ditunda hingga September. Namun sejumlah sekolah di Kota Makassar sudah mulai melakukan persiapan. Tidak hanya infrastruktur, tetapi kesiapan peserta didik dan guru.

Kepala SMPN 3 Makassar, Kaswadi mengatakan asesmen hanya diberikan pada pertengahan jenjang pendidikan. Khusus SMP, asesmen akan diikuti siswa kelas delapan.

"Itu pun tidak semua siswa ikut asesmen. Jadi hanya di sampel saja tiap sekolah, itu pun Kemendikbud yang tentukan bukan sekolah ," kata Kaswadi, Rabu, (10/02/2021).



Kata dia, Asesmen Nasional bukan menjadi penentu kelulusan siswa. Sebab, asesmen diberikan sebagai acuan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran di sekolah.

Berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang memang sasarannya hanya sebagai penentu kelulusan siswa . Sehingga menurut dia, asesmen tidak bisa menjadi pengganti UN. Terlebih, objek, subjek dan tujuan pelaksanaan kedua kegiatan ini jelas tidak sama.

"Asesmen ini tidak menentukan lulus tidaknya seorang siswa, tapi untuk mengukur kualitas pendidikan baik di sekolah maupun secara nasional," ucap dia.

Karena itu disebutkan dalam Asesmen Nasional, ada tiga kompenen yang menjadi poin penting. Diantaranya, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan.

"Siswa itu hanya dijadikan sampel, itupun nanti ada survei yang lain, yaitu survei karakter dan survei lingkungan sekolah. Bahkan guru pun juga akan ada pertanyaan yang berikan kepadanya," papar dia.

Kepala SD Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati juga menyampaikan hal serupa. Kata dia, khusus di tingkat SD hanya siswa kelas lima yang ikut asesmen. "Dan itu disampel, tidak semua ikut," singkat dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)