Pemudik dari Bali Membeludak di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Minggu, 17 Mei 2020 - 11:01 WIB
loading...
Pemudik dari Bali Membeludak di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi
Di tengah larangan mudik saat pandemi COVID-19, jumlah penumpang kapal feri dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembarana, Bali yang tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur membeludak, Minggu (17/5/2020). Foto/iNews TV/Eri Utomo
A A A
BANYUWANGI - Di tengah larangan mudik saat pandemi COVID-19, jumlah penumpang kapal feri dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembarana, Bali yang tiba di Pelabuhan Ketapang , Banyuwangi, Jawa Timur membeludak, Minggu (17/5/2020). Mereka sebagian besar para perantau asal berbagai kota di Pulau Jawa yang merantau di Pulau Bali.

Ribuan pemudik yang mendarat di empat dermaga yang ada di Pelabuhan Ketapang ini didominasi penumpang pejalan kaki. Mereka pulang ke kampung halamannya untuk melaksanakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman, seperti di Banyuwangi, Jember, Situbondo, Probolinggo, Malang dan Surabaya. (Baca juga: Bawa Keranda Keliling Kampung, Ormas Ini Sosialisasikan Bahaya COVID-19)
Pemudik dari Bali Membeludak di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Berdasarkan data manifes pelabuhan ASDP Ketapang, diketahui telah terjadi lonjakan penumpang kapal feri dari Bali menuju Banyuwangi sejak 2 hari terakhir. Para penumpang yang menyeberang didaominasi penumpang pejalan kaki. (Baca juga: Tak Terima Bantuan, Ratusan Warga Kepung Kepala Desa dan Rusak Kantornya)
Pemudik dari Bali Membeludak di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Tercatat sudah sebanyak 5.000 lebih penumpang dari Bali yang telah diseberangkan dan tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi selama 2 hari terakhir. Sebagai langkap preventif memutus penyebaran virus Corona (COVID-19) maka semua pemudik diperiksa suhu tubuh bandannya dan harus melewati bilik desinfektan.
Pemudik dari Bali Membeludak di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Bambang, salah satu penumpang kapal mengaku mudik bersama keluarganya. "Ini dari Bali, saya sama keluarga, mau pulang kampung ke Jember," ujarnya.

Sedangkan Wahid, penumpang kapal lainnya mengaku harus pulang karena sudah tidak punya kerjaan di Bali. "Ini dalam rangka karena sudah diberhentikan kerja, pulang kampung. Karena proyeknya sudah berhenti. Jadi diberhentikan," katanya.

Gelombang arus mudik dari Bali diperkirakan akan terus mengalir ke Pulau Jawa melalui pelabuhan Ketapang pada Minggu (17/5/2020) malam hingga pagi dengan puncaknya pada 23 Mei 2020 mendatagn

Sementara PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang mengoperasikan 32 armada kapal yang melayani jasa penyeberangan feri.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)