Penanganan Darurat, Penggantian Jembatan Rangka Baja Rembun A Dilakukan Permanen

Jum'at, 05 Februari 2021 - 16:04 WIB
loading...
Penanganan Darurat, Penggantian Jembatan Rangka Baja Rembun A Dilakukan Permanen
Penanganan Darurat, Penggantian Jembatan Rangka Baja Rembun A Dilakukan Permanen. Foto/Suryono
A A A
PEKALONGAN - Penanganan darurat, Jembatan Rembun yang ambles dilakukan melalui penggantian Jembatan Rembun II A dengan jembatan permanen rangka baja bentang 50 meter.

Proses pengerjaan diperkirakan dapat diselesaikan pada akhir Maret 2021. Hal ini disampaikan, Kepala BBPJN Jateng-DIY, Satrio Sugeng Prayitno, Jumat (5/2/2021).

Kepala BBPJN Jawa Tengah-DIY beserta Kepala Satker PJN Wilayah I Provinsi Jawa Tengah dan PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah melakukan koordinasi penanganan di lokasi Jembatan Rembun II A yang mengalami kerusakan pada rangka jembatan.

Kerusakan tersebut terjadi pada Kamis malam (4/2/2021) pukul 19.30 WIB di ruas Jalan Batas Kabupaten Pemalang-Batas Kabupaten Pekalongan KM SMG 113+800 tanpa mengakibatkan korban jiwa.

Satlantas Pemalang dan Satlantas Pekalongan telah melakukan penutupan lalu lintas di Jembatan Rembun II A untuk mengalihkan kendaraan kecil yang menuju Jakarta dari arah Semarang ke Jembatan Rembun B dengan sistem contra flow, sedangkan kendaraan besar diarahkan masuk ke jalan tol.

Baca juga: Sungai Mungkung dan Garuda Meluap, Pemukiman dan Sawah di Sragen Terendam Banjir

"Saat di lapangan masih berlangsung pembongkaran lantai jembatan. Rangka baja jembatan lama akan ditarik ke sisi barat, sedangkan jembatan rangka baja yang baru akan dirakit dari sisi timur. Setelah selesai pembongkaran dan perakitan akan dilakukan erection jembatan, sedangkan pondasi jembatan masih dalam kondisi baik sehingga akan digunakan kembali, " jelas Kepala BBPJN Jateng-DIY, Satrio Sugeng Prayitno (5/2/2021).

Baca juga: Bulog Jamin Stok Beras di Jawa Tengah Aman hingga Lebaran

Jembatan Rembun II A ini merupakan jembatan rangka baja Callender Hamilton (CH) yang dibangun tahun 1977 dan telah berusia 44 tahun sehingga memerlukan penggantian. Dalam rencana jangka Panjang, penggantian jembatan diusulkan untuk diganti dengan konstruksi beton girder.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.6198 seconds (0.1#10.140)