Denpom Lanal Semarang Bedah Rumah Warga Tak Mampu di Magelang dan Demak

Rabu, 03 Februari 2021 - 02:33 WIB
loading...
Denpom Lanal Semarang Bedah Rumah Warga Tak Mampu di Magelang dan Demak
Samingun (2 dari kanan) terima kunci secara simbolik dari Dandenpom Lanal Semarang disaksikan Wakil Ketua Baznas Jateng KH Rozikan (kanan).Foto/ist
A A A
SEMARANG - Detasemen Polisi Militer Pakalan TNI AL (Denpom Lanal) Semarang melakukan bedah rumah 4 warga tak mampu di Magelang dan 1 rumah milik orangtua anggota Pomal yang gugur dalam tugas, Alm Sertu POM Ali Muzakir di Kebon Agung Demak. Kegiatan itu dalam memperingati HUT ke-74 Pomal.

Dandenpom Lanal Semarang Mayor Laut (PM) Arianto mewakili Danlanal Semarang Kol Laut (P) Nazarudin, CH RMP secara simbolis menyerahkan kunci Bedah Rumah kepada orang tua Alm Sertu POM Ali Muzakir, Samingun, Selasa (2/2/2021).

Danlanal Semarang melalui Mayor Laut (PM) Arianto mengatakan, bedah rumah yang digelar Denpomal Semarang ini merupakan kegiatan mendukung pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan masyarakat melalui penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat.

Baca juga: Perjuangan Berat Ibu Hamil di Grobogan, Terpaksa Ditandu 5 Km Demi Lahiran

"Kami sasar empat rumah warga tak mampu di Magelang yang masih masuk wilayah hukum Denpom Lanal Semarang. Pertimbangannya karena wilayah Semarang dan sekitarnya sudah banyak rumah warga tak mampu mendapatkan bantuan serupa, sehingga kami lakukan di wilayah yang agak jauh dari Lanal Semarang yang berada di Ibukota Jawa Tengah,” kata Arianto.

“Rata-rata rumah yang kami renovasi milik warga yang tak memiliki penghasilan tetap dan dari segi ekonomi tak mampu memperbaiki rumah secara mandiri. Harapan kami bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat dan memberi kelayakan hidup mereka," katanya.

Sementara, bedah rumah orang tua mantan anggota yang gugur saat bertugas di Ambon sebagai wujud membantu orang tuanya karena rumahnya sudah tak layak huni.

Baca juga: Anak Bupati Sleman Akhirnya Mengakui Positif COVID-19, Gejalanya Batuk dan Diare

Menurut Arianto, sepeninggalan Sertu POM Ali Muzakir, Samingun yang bekerja sebagai buruh tani belum mampu memperbaiki rumahnya yang sudah dalam kondisi rusak dan tak layak huni.

Empat rumah di Magelang diserahkan keesokan harinya, Rabu (3/2) kepada Sutiyah, Budi, Sukandar dan Zulaikah.

Ia mengatakan, program bhakti bedah rumah bagi Warga Tak Mampu dalam rangka HUT Pomal ke-74 ini didukung oleh BAZNAS Provinsi Jateng, Sido Muncul dan Mitra Denpom Lanal Semarang.

Terpisah Wakil Ketua 1 Baznas Provinsi Jawa Tengah KH Rozikan menyampaikan dukungan Baznas Provinsi Jawa Tengah kepada Denpom Lanal Semarang sejalan dengan program bantuan Baznas Jateng dalam rangka pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah melalui bantuan perbaikan rumah warga tak mampu agar menjadi layak huni dan sejahtera.

Sementara, Samingun menyampaikan terima kasih atas hasil bedah rumah. Pasalnya, sebelum dibedah atau direhab, lantai rumahnya adalah tanah. Bahkan semua hewan ternak dan peliharaannya sering berada di dalam rumah. Sekarang setelah rumahnya diperbaiki, Samingun merasa nyaman dan bisa tidur nyenyak
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)