Stroberi dari Jepang Terus Dikembangkan Masyarakat Bantaeng

Selasa, 02 Februari 2021 - 18:37 WIB
loading...
A A A


Nurdin menjelaskan untuk pengembangan stoberi di Bantaeng , awalnya para petani dibawa studi banding ke Malang (Jawa Timur) kebun apel dan ke Ciwidey (Jawa Barat) di sini kita melihat pengembangan komoditas tersebut.

Dengan melihat potensi kabupaten yang pernah dipimpinnya ini memiliki tiga cluster. Mulai pinggir pantai, dataran rendah sampai dataran tinggi.

"Nah ini cocoknya di dataran tinggi. Saya kira diawali dengan bibit dari Ciwidey terus ada konsultan Jepang kita, mereka bawa bibit Jepang ke sini. Akhirnya, bisa mengembangkan di sini lebih besar dan manis, bedanya itu. Biasanya stroberi itu ke kecut, ini manis," jelasnya.

Pemerintah terus mengajak masyarakat untuk mengambangkan stroberi. Jika awalnya itu pemerintah melalui anggaran APBD melakukan pengembangan. Sekarang mendorong sentra pembudidayaan yang dikelola oleh masyarakat.



"Memang tidak sulit, karena mereka datang studi banding langsung melihat pengelolaan dan pemeliharaannya dan melihat animo pengunjung wisata . Sehingga mereka tertarik. Pemerintah hanya mendorong saja. Saya bersyukur kita datang dan berharap Pak Bupati mengembangkan lebih luas," imbuhnya.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengapresiasi inisiasi Nurdin menghadirkan budidaya stroberi di Bantaeng. Harapnnya selain memiliki nilai ekonomis kesejahteraan bagi petani juga menjadi ruang edukasi dan rekreasi bagi masyarakat.

"Pasaranya sampai di Makassar, baik itu di cafe dan warkop yang buat jus stroberi," ungkapnya.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3196 seconds (0.1#10.140)