Muncul Gundukan Baru di Lereng Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Selasa, 02 Februari 2021 - 16:25 WIB
loading...
Muncul Gundukan Baru di Lereng Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG
BPPTKG menyatakan gundukan baru yang berada di lereng gunung Merapi bukan kubah lava baru. Foto/Twitter @BPPTKG
A A A
YOGYAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) terus melalukan pemantauan terhadap keberadaan kubah lava Gunung Merapi . Hingga kini belum ada kubah lava baru selain kubah lava 2021 yang berada di atas kubah Lava 1997.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, saat ini pihaknya menerima informasi dari media sosial terkait gundukan baru yang berada di lereng gunung Merapi. "Kami menegaskan bahwa meterial (gundukan) hitam yang terlihat itu bukan kubah lava baru," terangnya, Selasa (2/2/2021).



Dia menjelaskan, berdasarkan hasil observasi material tersebut tidak berpijar. Selain itu, tidak teramati adanya asap di material gundukan.

Tidak hanya itu, dari observasi yang dilakukan tidak terdapat rekahan di sekeliling material. "Kami simpulkan material tersebut adalah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awan panas guguran," ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat tidak resah dan tidak mudah percaya dari informasi yang tidak resmi. Namun mempercayai informasi aktivitas Gunung Merapi dari sumber yang terpercaya seperti BPPTKG.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)