Status Masih Siaga, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar

Sabtu, 30 Januari 2021 - 10:33 WIB
loading...
Status Masih Siaga, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar
Status Gunung Merapi masih siaga.Foto/ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah terus meningkat aktifitasnya. Sabtu (30/1/2021) pagi, kembali meluncurkan lava pijar sebanyak tujuh kali dengan jarak luncur maksimal 500 meter. Sementara status Gunung Merapi hingga saat ini masih di level tiga siaga.

Rekaman CCTV milik BPPTKG Yogyakarta menunjukkan detik-detik saat Merapi meluncurkan lava pijar yang mengarah ke hulu Kali Krasak dan Kali Boyong. Namun secara visual dari wilayah Selo, puncak Gunung Merapi tidak terlihat karena tertutup kabut.

Baca juga: Hasil Rapid Test Antigen Relawan Reaktif, Pengungsian Merapi Diperketat

Data kegempaan dari BPPTKG di pos pengamatan Merapi Jrakah Selo, Boyolali, dari pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari ini, guguran sebanyak 13 kali, hembusan satu kali dan fase banyak 1 kali dan tektonik jauh satu kali.

Baca juga: Pantau Aktivitas Gunung Bromo, BPBD Probolinggo Pasang Kamera Pengintai

Menurut petugas pos pengamatan, Ahmad Sopari, meski sering mengeluarkan lava pijar dan awan panas, status Gunung Merapi masih berada di level tiga atau siaga. "Statusnya siaga dengan radius aman maksimal lima kilometer dari puncak Merapi," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)