Pantau Aktivitas Gunung Bromo, BPBD Probolinggo Pasang Kamera Pengintai

Sabtu, 30 Januari 2021 - 08:04 WIB
loading...
Pantau Aktivitas Gunung Bromo, BPBD Probolinggo Pasang Kamera Pengintai
Aktivitas Gunung Bromo dipantau secara khusus menggunakan CCTV.Foto/dok
A A A
PROBOLINGGO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memasang kamera pengintai untuk memantau aktivitas Gunung Bromo. Dengan kamera pengintai ini diharapkan perkembangan aktivitas gunung secara cepat dan akurat.

Tak hanya untuk kalangan internal, hasil pemantauan bisa dilihat oleh masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai Bromo di website resmi BPBD.

Baca juga: Taruna AAL Korps Marinir Tuntaskan Latihan Menjadi Prajurit Petarung

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, dengan tambahan perangkat pendukung lain, aktivitas Gunung Bromo dapat diakses masyarakat sehingga akurasi info data tidak diragukan lagi. Namun untuk sementara CCTV ini bisa dipantau di internal BPBD.

"Dengan terkoneksi internet, kita bisa memantau aktivitas Gunung Bromo dari kantor BPBD dan tim URC bisa dengan cepat ke TKP," ujarnya.

Baca juga: Geger, Sepasang Kekasih Berpelukan di Tengah Jalan dan Tak Bisa Dilepas

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pos pantau Gunung Api Bromo. Untuk saat ini Gunung Bromo dalam status waspada atau level 2 dan aman dikunjungi asal tidak masuk ke zona larangan .

"Gunung Bromo aman dikunjungi wisatawan, asal tidak masuk ke zona larangan yaitu radius 1 kilometer dari bibir kawah, sesuai rekomendasi PVMBG," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1221 seconds (0.1#10.140)