Tak Mudik, 600 Mahasiswa UI Dapat Bingkisan Lebaran dari Polri

Sabtu, 16 Mei 2020 - 03:02 WIB
loading...
Tak Mudik, 600 Mahasiswa UI Dapat Bingkisan Lebaran dari Polri
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tidak pulang kampung atau mudik, mendapat bingkisan Lebaran, Jumat (15/5/2020). SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tidak pulang kampung atau mudik, mendapat bingkisan Lebaran, Jumat (15/5/2020). Ada sebanyak 600 bingkisan Lebaran yang diberikan oleh Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan Polri kepada Direktorat Kemahasiswaan UI.

Penyerahan bingkisan Lebaran dihadiri langsung Wakil Direktur Direktorat Keamanan Khusus Baintelkam Polri Kombes Pol Arif Rahman, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Rosari Saleh, serta Direktur Kemahasiswaan Devie Rahmawati. (Baca juga; H&M Sumbang Ribuan Masker dan APD untuk Penanganan COVID-19 di Jabar )

Pemberian bingkisan Lebaran secara simbolis diterima dua Mahasiswa Internasional UI, Semukasa Philimon asal Negara Burundi (kuliah di FKM) dan Landry Ingabire dari Uganda (kuliah di FISIP), serta perwakilan mahasiswa UI dari lima wilayah di Indonesia, yaitu Banten, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Jawa Tengah.

“Bingkisan tidak hanya diberikan kepada mahasiswa yang masih tinggal di asrama dan kost sekitar kampus UI. Juga diberikan kepada masyarakat di Kawasan Depok yaitu Panti piatu/dhuafa Silahturohmi; Panti Bina Remaja Mandiri, Depok dan Sekolah Masjid Terminal (Master). Kegiatan pembagian akan dilakukan bersama Pokja Wartawan Depok dan tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI yaitu Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Pramuka,”kata Rosari Saleh.

Dia mengatakan, UI bekerja sama dengan alumni di berbagai fakultas, terus menggalang dana, menyalurkan alat keperluan medis serta kebutuhan sehari-hari kepada sesama mahasiswa, para pedagang yang tidak dapat berjualan selama pandemi virus Corona atau COVID-19, petugas kesehatan serta masyarakat luas. “Jadi kami juga bersinergi dengan banyak pihak untuk dapat melakukan penggalangan dan distribusi,” ucapnya. (Baca juga; UI Kembangkan Alat Pendeteksi Pneumonia Berbasis AI )

Sampai saat ini masyarakat yang telah menerima bantuan di antaranya Rumah Sakit Rujukan Raden Mattaher Jambi untuk keperluan pembelian Alat Pelindung Diri (APD) petugas kesehatan yang diberikan oleh Himpunan Mahasiswa Jambi UI; Puskesmas di Jabodetabek berupa bantuan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan handsanitizer oleh UKM Salam; Masyarakat umum di stasiun KRL, halte-halte transjakarta, pasar tradisional, stasiun-stasiun MRT oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis.

“Tidak hanya itu, penggalangan dana oleh mahasiswa juga dilakukan dalam rangka penguatan riset-riset solusi bagi COVID-19 yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UI. Salah satunya yang terkini ialah penggalangan dana oleh Mahasiswa Kajian Ekonomi Pembangunan Indonesia (KANOPI) FEB UI yang bekerja sama dengan Lab Mikrobiologi FK UI untuk pengembangan alat pemeriksaan PCR COVID-19,” tutup Rosari.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)