KM Tanto Bersinar Tabrakan dengan TB Mitra Jaya XIX, 5 ABK Belum Ditemukan

Minggu, 24 Januari 2021 - 11:34 WIB
loading...
KM Tanto Bersinar Tabrakan dengan TB Mitra Jaya XIX, 5 ABK Belum Ditemukan
Tabrakan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar, dengan Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX, masih menyisakan lima anak buah kapal (ABK) yang belum ditemukan. Foto/SINDOnews/Grafis
A A A
GRESIK - Lima anak buah kapal (ABK) hingga kini belum ditemukan. Kelimanya hilang dalam musibah kecelakaan laut melibatkan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar, dengan Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX yang menggandeng kapal tongkang di alur pelayaran Surabaya Barat, wilayah perairan Gresik.



Sementara lima ABK lainnya dinyatakan selamat , setelah terjun dari atas kapal dan mendapatkan pertolongan dari nelayan yang melintas di sekitar lokasi kejadian, Sabtu (23/1/2021) dini hari.

Lima ABK yang dinyatakan selamat, antara lain Agung Dwi (20) dan Basuni (53) yang merupakan ABK KM Tanto Bersinar. Selain itu ada tiga ABK TB Mitra Jaya XIX, yakni Sharul (45), Larusman (26), dan La Ode Ahmad (20).



Sedangkan lima ABK yang belum ditemukan, yakni Himawan, Arif Maulana, Ulil Amri, dan Udiantoro. Para ABK yang selamat kemudian dilarikan ke Kantor Syahbandar Pelabuhan Gresik, untuk proses pemeriksaan dan pemulihan kondisi kesehatan.



Kasi Penyidik Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, Ahmad Zaini mengatakan, peristiwa kecelakaan terjadi saat KM Tanto Bersinar menabrak tali TB Mitra Jaya XIX yang sedang menggandeng kapal tongkang pengangkut minyak sawit mentah. "Akibat kecelakaan tersebut, TB Mitra Jaya XIX terbalik di alur pelayaran Surabaya Barat, wilayah periaran Gresik," ungkapnya.



Kasatpolair Polres Gresik, AKP Masyur Ade mengatakan, telah menerjunkan tim SAR, dan melibatkan Basarnas, KPLPD, dan Polair Polres Gresik, untuk melakukan pencarian lima ABK yang masih hilang, dan evakuasi tugboat yang terbalik.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1012 seconds (0.1#10.140)