KM Tanto Bersinar Tabrakan dengan TB Mitra Jaya XIX, 5 ABK Belum Ditemukan

loading...
KM Tanto Bersinar Tabrakan dengan TB Mitra Jaya XIX, 5 ABK Belum Ditemukan
Tabrakan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar, dengan Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX, masih menyisakan lima anak buah kapal (ABK) yang belum ditemukan. Foto/SINDOnews/Grafis
GRESIK - Lima anak buah kapal (ABK) hingga kini belum ditemukan. Kelimanya hilang dalam musibah kecelakaan laut melibatkan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar, dengan Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX yang menggandeng kapal tongkang di alur pelayaran Surabaya Barat, wilayah perairan Gresik.

Baca juga: TB Mitra Jaya XIX Terbalik, Kantor SAR Surabaya kerahkan KN SAR Antasena

Sementara lima ABK lainnya dinyatakan selamat , setelah terjun dari atas kapal dan mendapatkan pertolongan dari nelayan yang melintas di sekitar lokasi kejadian, Sabtu (23/1/2021) dini hari.

Lima ABK yang dinyatakan selamat, antara lain Agung Dwi (20) dan Basuni (53) yang merupakan ABK KM Tanto Bersinar. Selain itu ada tiga ABK TB Mitra Jaya XIX, yakni Sharul (45), Larusman (26), dan La Ode Ahmad (20).





Sedangkan lima ABK yang belum ditemukan, yakni Himawan, Arif Maulana, Ulil Amri, dan Udiantoro. Para ABK yang selamat kemudian dilarikan ke Kantor Syahbandar Pelabuhan Gresik, untuk proses pemeriksaan dan pemulihan kondisi kesehatan.

Baca juga: Besok Senin, 12 Daerah di Jateng Siap Gelar Vaksin COVID-19



Kasi Penyidik Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, Ahmad Zaini mengatakan, peristiwa kecelakaan terjadi saat KM Tanto Bersinar menabrak tali TB Mitra Jaya XIX yang sedang menggandeng kapal tongkang pengangkut minyak sawit mentah. "Akibat kecelakaan tersebut, TB Mitra Jaya XIX terbalik di alur pelayaran Surabaya Barat, wilayah periaran Gresik," ungkapnya.

Baca juga: Air Mata Perwira TNI AU Ini Menitik Iringi Pemakaman Istri dan Anak Korban Sriwijaya Air

Kasatpolair Polres Gresik, AKP Masyur Ade mengatakan, telah menerjunkan tim SAR, dan melibatkan Basarnas, KPLPD, dan Polair Polres Gresik, untuk melakukan pencarian lima ABK yang masih hilang, dan evakuasi tugboat yang terbalik.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top