Beredar Foto Disebut-sebut Longsor Cikijing, BPBD Tegaskan Itu Foto Tahun 2019

Sabtu, 23 Januari 2021 - 13:49 WIB
loading...
Beredar Foto Disebut-sebut Longsor Cikijing, BPBD Tegaskan Itu Foto Tahun 2019
Foto yang disebut-sebut musibah tanah longsor Cikijing pada Jumat malam, kemarin. Foto/Ist
A A A
MAJALENGKA - Kabar hoax berupa foto beradar di kalangan warganet pascatanah longsor yang terjadi di Kecamatan Ciikijing, Jumat (22/1/2021) malam.

Kepastian palsunya foto tersebut ditegaskan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Majalengka Reza Permana. Penelusuran MNC Portal Indonesia (MPI), beredar foto dengan keterangan tanah longsor di Cikijing, pada Jumat malam.

Dalam foto yang beredar itu, terlihat akses jalan yang menghubungkan Majalengka-Kuningan tertimbun materi longsoran. Dikonfirmasi MPI, Reza menjelaskan foto itu memang diambil saat tanah longsor di Cikijing.

Namun, Reza membantah anggapan bahwa foto itu kejadian longsor Jumat, kemarin. "Itu foto saya yang ambil tahun 2019. Betul, kejadiannya di Cikijing," kata Reza kepada MPI, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Puji Komjen Listyo Sigit, JCUIM Sebut Polri Harus Pantau Tren Kejahatan

Sementara, Reza menjelaskan bencana tanah longsor terjadi di Jalan Raya Cikijing-Kuningan, tepatnya Blok Cipadung, Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Keluar dari Keterpurukan, Motzint Berbagi Strategi Eksis di Industri Fashion

Akibatnya, jelas dia, akses Majalengka-Kuningan sempat terputus. "Lalu lintas sudah berangsur normal. PUTR provinsi sudah mengirim alat berat untuk menyisir material longsoran," kata dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)