3 Hari Galang Bantuan, Korem 143/HO Kumpulkan Belasan Ton Sumbangan Korban Gempa Sulbar

Jum'at, 22 Januari 2021 - 20:59 WIB
loading...
3 Hari Galang Bantuan, Korem 143/HO Kumpulkan Belasan Ton Sumbangan Korban Gempa Sulbar
Jajaran Korem 143/Halu Oleo berhasil mengumpulkan belasan ton bantuan bagi korban bencana Gempa di Majene dan Mamuju walau dalam tempo tiga hari. Foto Penrem 143/HO
A A A
KENDARI - Jajaran Korem 143/Halu Oleo berhasil mengumpulkan belasan ton bantuan bagi korban bencana Gempa di Majene dan Mamuju walau dalam tempo tiga hari. Hal ini merupakan berkat respon cepat dari KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang memerintahkan satuan jajaran TNI AD untuk memberikan bantuan.
3 Hari Galang Bantuan, Korem 143/HO Kumpulkan Belasan Ton Sumbangan Korban Gempa Sulbar

"Keberhasilan dalam menggalang bantuan bagi korban Gempa Sulawesi Barat (Sulbar) selama 3 hari juga merupakan bukti kesolidan dan keefektifan Korem 143/HO dalam membangun komunikasi secara internal dan dengan bersama masyarakat di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra)," kata Kepala Penerangan Korem 143/Halu Oleo Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Jumat (22/1/2021).

Kapenrem mengatakan, respon cepat KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam membantu penanggulangan bencana gempa Sulbar (wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene) mendorong Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A Siahaan untuk bertindak segera dengan mengumpulkan bantuan dari jajaran TNI AD dan masyarakat yang berada di wilayah Sultra.



“Awalnya penggalangan bantuan yang dikoordinasikan Danrem 143, termasuk Ketua Persit KCK Koorcab Rem 143 Vera Jannie A Siahaan ini bersifat internal jajaran. Namun dalam perjalanannya banyak juga dari individu warga dan komunitas masyarakat yang ikut berpartisipasi,” ujar Sumarsono.

Dikatakan Sumarsono, pengumpulan yang dimulai hari Rabu (19/1/2021) ini berhasil menghimpun hampir mencapai 13 Ton bantuan dari para Prajurit dan anggota Persit KCK Korem 143/HO beserta masyarakat yang berasal dari wilayah Kendari, Kolaka, Buton, Muna, Butur.

“Banyak pihak yang terlibat dan tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Sebanyak 12.973 Ton lebih bantuan yang terkumpul, dan sore ini dari warga Kolaka masih mengirim sekitar 4 mobil pickup yang berisi bantuan makanan seperti beras, mie instan dan lain sebagainya," imbuhnya.

Untuk diketahui Jumat (22/1/2020) sekitar pukul 16.30 Wita, Danrem 143/HO melepas pemberangkatan 5 Truck bantuan dari Makorem 143/HO ke Lanud Halu Oleo.

Adapun bantuan tersebut diantaranya 3,805 Ton Beras, 3,016 Ton Mie Instan, 378 kg popok dan pembalut dan berbagai barang lainnya.

“Selain itu juga ada susu kaleng , susu dan makanan bayi, gula pasir, selimut, peralatan mandi dan lain sebagainya, yang ditotal sekitar 12.973 Ton. Dikarenakan kebutuhan dilapangan, maka baju layak pakai dari para donatur tidak kita kirim melalui Hercules,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Sumarsono, dengan keterbatasan sarana transportasi, proses bantuan mengalami kendala di tengah animo masyarakat yang ingin membantu melalui Korem 143/HO yang demikian besar.

Baca juga : Kasur Pangdam XIV/Hasanuddin Lelapkan Tidur Warga Korban Banjir Bandang di Sultra
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2486 seconds (0.1#10.140)