Gagal Tawuran, 5 Remaja Bacok Tiga Pemuda dan Rusaki Motor

Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:15 WIB
loading...
Gagal Tawuran, 5 Remaja Bacok Tiga Pemuda dan Rusaki Motor
Polsek Umbulharjo, Yogyakarta mengamankan lima pelaku pembacokan tiga pemuda dan perusakan sepeda motor yang digunakan korban di Jalan Gambiran, Yogyakarta. Foto SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Polsek Umbulharjo, Yogyakarta mengamankan lima pelaku pembacokan tiga pemuda dan perusakan sepeda motor yang digunakan korban di Jalan Gambiran, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (20/1/2021) dini hari pukul 03.00 WIB.

Masing-masing FA, 18 dan AD, warga Banguntapan, Bantul, RA, 15, Kotagede, Yogyakarta, DS, 18 warga, Kalitirto, Berbah dan SP, 16 warga Sendangtirto, Berbah. Mereka sekarang mendekam di Mapolsek Umbulharjo, Yogyakarta. Petugas juga mengamankan 3 buah clurit, gir yang diikat tali, jaket serta sepeda motor pelaku dan korban sebagai barang bukti (BB).

Kapolsek Umbulharjo Kompol Achmad Setyo Budiantoro mengatakan peristiwa itu berawal saat rombongan pelaku dengan 20 sepeda motor, saling berboncengan dari jalan Kusumanegara Yogyakarta menuju ke Blok O, Banguntapan. Rencananya akan tawuran dengan kelompok lain di daerah blok O Banguntapan.

Namun saat sampai di lokasi, ada petugas yang sedang berpatroli membubarkan mereka. Kemudian mereka pecah menjadi dua kelompok yang mengarah ke jalan Wonosari dan ke Ketandan, Banguntapan. Ketika melintas di jalan Gambiran, Yogyakarta rombongan itu bertemu lagi. Dalam perjalanan berpapasan dengan tiga pemuda yang berboncengan dengan satu sepeda motor, yakni Jihat Islam, Teo Pambudi, dan M Beviandisa.

Tanpa sebab yang pasti, RA mengayunkan clurit yang dimodifikasi dan mengenai punggung korban. Mengetahui ada yang membacok, korban memacu sepeda motor yang dikendarai namun tetap dikejar oleh rombongan pelaku.

Ketika berhasil mengejar, pelaku SP kembali mengayunkan cluirit ke arah korban hingga motor yang dikendarai terjatuh. Dua orang korban Teo Pambudi dan M Beviandisa berhasil melarikan diri, sedangkan satu korban Jihat Islami kembali dibacok. Selain itu mereka juga merusak motor korban. Puas dengan tindakakannya mereka pergi meninggalkan lokasi.

Akibat peristiwa itu, tiga orang mengalami luka bacok clurit pada bagian punggung, perut, kepala dan kaki. “Korban kemudian ditolong warga dan dilarikan ke rumah sakit serta melapor ke Polsek Umbulharjo,” katanya, Jumat (22/1/2021).

Petugas menindaklanjuti laporan itu dengan melakukan penyelidikan. Dari hasil keterangan korban, saksi-saksi, serta bukti pendukung di lapangan, petugas berhasil mengindetifikasi pelaku dan mengamankan para pelaku di rumah masing-masing. "Pelaku berhasil kita amankan tidak lama setelah kejadian," jelasnya. Baca juga: Cemburu Istri Sirinya yang Seksi Punya PIL, Pria Pasuruan Nekad Lakukan Pembacokan

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo, Yogyakarta Iptu Nuri Aryanto menambahkan petugas masih mengembangkan kasus ini. Sebab dari pemeriksaan eksekutor pembacokan RA dan SP meski usianya masih bawah umur, namun mereka juga residivis pelemparan petugas polisi. “Dari 20 orang, petugas hanya menetapkan 5 orang sebagai tersangka, sebab mereka berperan sebagai eksekutor dan merusak kendaraan motor,” tambahnya.

Kelima pelaku dalam kasus ini dijerat dengan Pasal 170 dan atau 351 KUHP tentang penganiayaan dan UU Darurat no 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)