Dinkes Pasangkayu dan Polres Matra Lakukan Pengawasan Pangan

Jum'at, 15 Mei 2020 - 15:41 WIB
loading...
Dinkes Pasangkayu dan Polres Matra Lakukan Pengawasan Pangan
Kadis Kesehatan Pasangkayu, Samhari saat pengawasan pangan langsung ke supermarket dan pasar di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Jumat (15/5/2020).
A A A
PASANGKAYU - Masa pandemi Covid-19 dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasangkayu dan Polres Mamuju Utara (Matra) melakukan pengawasan pangan langsung ke supermarket dan pasar di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Jumat (15/5/2020).

Kadis Kesehatan Pasangkayu, Samhari mengatakan kegiatan pengawasan pangan ini dilakukan secara bersama baik dari Tim Dinas Kesehatan, Dinas Koperindag maupun dari Jajaran Polres Mamuju Utara menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah dan pada masa pandemi virus corona.

Tujuan pengawasan ini lanjut Samhari, untuk melihat langsung kondisi pangan selama Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1441 H. Untuk itu Dinas Kesehatan Pasangkayu terus melakukan pengawasan makanan sampai ke pasar yang jauh dari kota. "Pengawasan pangan ini merupakan agenda rutin Dinkes Pasangkayu dan Polres Matra untuk mengetahui tingkat keamanan pangan terutama di pasar-pasar desa," ucapnya.

Pengawasan pangan di pasar dan supermarket juga akan melakukan pengawasan makanan ke tempat-tempat yang menjual jajanan di berbagai tempat. Selain itu tim juga melakukan pengawasan perizinan produk makanan.

Dalam pengawasan makanan kali ini, Samhari menjelaskan pihaknya memberikan pembinaan secara langsung kepada para penjual pasar dan pemilik supermarket. Hal ini dimaksudkan agar para penjual makanan di pasar dan supermarket ini mengetahui makanan-makanan yang sehat yang tidak mengandung bahan berbahaya.

“Mereka langsung kita lakukan pembinaan agar para penjual ini bisa mengidentifikasi makanan yang mengandung bahan berbahaya," ujar Samhari.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat Pasangkayu agar waspada dan teliti melihat makanan, baik tanggal kadaluarsanya, jangan hanya melihat kemasan aja. Untuk itu dirinya juga berpesan ketika mengonsumsi makanan dalam kemasan harus dilihat ada izinnya atau tidak.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)