Jelang Vaksinasi Besok, Gubernur Ganjar Cek Kesiapan Faskes di Kota Semarang

Rabu, 13 Januari 2021 - 11:55 WIB
loading...
Jelang Vaksinasi Besok, Gubernur Ganjar Cek Kesiapan Faskes di Kota Semarang
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengecek kesiapan faskes di Kota Semarang jelang vaksinasi COVID-19 pada Kamis besok. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkeliling ke sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Semarang, Rabu (13/1/2021).

Gunjar mengecek kesiapan vaksinasi untuk tenaga kesehatan yang akan dilakukan serentak pada Kamis (14/1/2021) besok. Dua faskes yang dikunjungi, yakni Puskesmas Pandanaran dan RSUD Wongsonegoro.

Di dua tempat itu, Ganjar melihat persiapan sudah matang dilakukan, mulai penyediaan mekanisme antrian, meja pendaftaran, alat pengecekan kesehatan, tempat vaksinasi hingga ruang tunggu apabila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Kalau persiapannya saya lihat sudah siap, tadi Kadinkes Kota dan Kadinkes Provinsi sudah kerjasama dengan sejumlah puskesmas dan rumah sakit. Kalau dari sisi prosedur, saya kira tidak sulit karena mereka sudah berpengalaman. Ini kan sebenarnya sama dengan saat kita melakukan imunisasi pada anak-anak, jadi tidak terlalu sulit," kata Ganjar.

Ia juga memastikan bahwa sistem vaksinasi sudah dibangun dengan baik. Siapa-siapa yang mendapatkan vaksin, telah terdaftar secara online melalui aplikasi yang ada. Mereka akan mendapatkan barcode lengkap dengan tempat vaksinasi dan jam pelaksanaannya.

"Sistemnya sudah dibangun dengan baik, pertitik yang melakukan vaksinasi, jumlahnya dibatasi kira-kira 3 kali 15 orang per hari. Jadi, sehari hanya sekitar 45 orang," katanya.

Ia berharap dengan cara itu maka vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan dapat berjalan dengan baik. Ia juga berharap ada percepatan agar para tenaga kesehatan lebih tenang dan percaya diri saat bekerja.

"Tapi meski vaksin sudah ada, tidak berarti protokol kesehatan melempem ya. Jangan sampai, tetap protokol kesehatan mesti ketat," ujarnya.

(Baca juga: Gawat, Pilar Jembatan KA di Brebes Kembali Ambruk, Tiang yang Baru Tergerus)

Ganjar juga meminta dukungan dari masyarakat terkait suksesnya program vaksinasi. Tidak boleh ada keraguan, karena MUI sudah menerbitkan sertifikasi halal dan BPOM sudah menyampaikan bahwa vaksin sudah oke.

(Baca juga: Waspadalah! Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Selatan Jawa Tengah)

"Jadi tidak ada yang perlu diragukan. Bahkan hari ini, Presiden sudah divaksin, saya lihat listnya ada tokoh agama, pejabat, TNI Polri, artis juga ada. Kita tunjukkan bahwa kita siap melaksanakan vaksinasi. Tidak boleh ada yang ragu, tidak boleh ada yang mendistorsi ini karena ini tidak hanya sekedar kepentingan individu, melainkan bangsa dan negara. Jadi semua harus ikut," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)