Gempa Bumi Berpusat di Laut Guncang Tahuna, Tak Berpotensi Tsunami

loading...
Gempa Bumi Berpusat di Laut Guncang Tahuna, Tak Berpotensi Tsunami
Gepa bumi bermagnitudo 4,8 mengguncang Tahuna. Foto/Ist.
MANADO - Sekitar pukul 18.11 WITA, wilayah Tahuna diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini bermagnitudo 4,8. Episenter terletak pada koordinat 4,01 Lintang Utara dan 125,42 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 45 km Barat Laut Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada kedalaman 10 km.

(Baca juga: Gempa Berpusat di Darat Guncang Sukabumi, Getarannya Dirasakan di Sebagian Jabar )

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Manado, Edward H Mengko mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tahuna dengan skala II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Mengko, Selasa (12/1/2021).



Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan, namun kepada masyarakat Mengko mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(Baca juga: Butuh Uang untuk Berobat Mertua, Suami Ini Tega Jajakan Istri Jadi Pemuas Seks )

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Mengko.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top