Gempa Berpusat di Darat Guncang Sukabumi, Getarannya Dirasakan di Sebagian Jabar

Senin, 11 Januari 2021 - 20:44 WIB
loading...
Gempa Berpusat di Darat Guncang Sukabumi, Getarannya Dirasakan di Sebagian Jabar
Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kota Sukabumi. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kekuatan 3,3 SR pada Senin, (11/1/2021) pukul 19:35:07 WIB. Kendati gempa ringan, namun kekuatannya dirasakan sebagian wilayah Jabar.

(Baca juga: Gempa Bumi Tektonik M 5,2 di Laut Sulawesi Tidak Berpotensi Tsunami )

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 3,3. Episenter terletak pada koordinat 6.81 LS dan 106.96 BT. Gempa bumi tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km TimurLaut Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 4 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.



"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kudadampit, Cipanas, Cibodas, Cianjur, Sukabumi dan Sukalarang dengan Skala Intensitas III MMI," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

(Baca juga: Artis Cantik Desy Ratnasari Resmi Nakhodai PAN Jawa Barat )

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 20:03 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuh dia.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4000 seconds (0.1#10.140)