Kisah Pilot MAF Alex Luferchek, Pesawatnya Dibakar Kelompok Bersenjata di Pedalaman Papua

Sabtu, 09 Januari 2021 - 08:09 WIB
loading...
Kisah Pilot MAF Alex Luferchek, Pesawatnya Dibakar Kelompok Bersenjata di Pedalaman Papua
Kisah Pilot MAF Alex Luferchek, Pesawatnya Dibakar Kelompok Bersenjata di Pedalaman Papua. Foto/Chan
A A A
NABIRE - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau yang kerap mengklaim diri sebagai Pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali berulah.

Awal tahun baru 2021, situasi Provinsi Papua tepatnya di kabupaten Intan Jaya kembali bergolak. Kali ini, Kelompok Bersenjata yang beroperasi wilayah tersebut, melakukan pembakaran sebuah pesawat terbang milik Misionaris Aviation FELLOWSHIP (MAF) tepatnya di sebuah Bandara Perintis yang terletak di kampung Pagamba, distrik (Kecamatan) Mbiandoga, Rabu (6/1/2021).

Namun, kejadian pembakaran pesawat tersebut mengagetkan semua pihak. Adalah Alex Luferchek, pilot pesawat MAF Codiak C100 dengan nomor registrasi PK-MAX yang saat itu tidak menyangka akan mengalami musibah pahit tersebut.

Dalam keterangannya kepada pihak keamanan, dari Satgas Gakum Polda Papua, di Nabire, Kamis (7/1/2021) pasca kejadian, Alex, pria berkewarganegaraan Amerika Serikat tersebut menceritakan awal mula kejadian yang nyaris merenggut nyawanya saat bertugas di wilayah pedalaman Papua.

Alex menceritakan, pada Rabu (6/1/2021) dirinya mendapat tugas menerbangkan pesawat ke kampung Pagamba. Saat itu, pesawat MAF CODIAK C100 yang dikemudikannya terbang dari Bandara Nabire membawa bahan makanan dan bantuan kemanusiaan untuk gereja setempat.

Dimana dalam penerbangan tersebut terdapat dua penumpang. Namun, pada saat berada di atas bandara Pagamba Kabupaten Intan Jaya pesawat tidak dapat mendarat karna terkendala cuaca kabut sehingga Alex selaku pilot memutuskan untuk kembali ke bandara Nabire guna mengisi bahan bakar dan akan kembali terbang ke kampung Pagamba.

Usai mengisi bahan bakar di Nabire, sekitar pukul 08.15 WIT, pesawat MAF CODIAK C100 yang dikemudikannya kembali melakukan penerbangan menuju kampung Pagamba.

Pada saat mendarat di bandara perintis, kampung Pagamba (koordinat 53M 686636 9597023) Alex menceritakan, tiba-tiba ada seorang Orang Tidak Dikenal (OTK) lari melintas di depan pesawat sambil meniup pluit dan tidak lama kemudian keluar segerombolan orang yang diduga kuat merupakan KKB.

"Mereka keluar dari samping bandara dan terlihat 5 orang KKB menodongkan senjata ke arah saya (pilot) dan menyuruh turun dari pesawat. Setelah turun, dari pesawat mereka (KKB) memerintahkan untuk berjalan ke depan pesawat lalu disuruh duduk sambil melihat ke tanah," ungkap Alex kepada pihak Satgas Gakum Polda Papua di Mapolres Nabire, Kamis (7/1/2021).

Pada saat dirinya duduk di depan pesawat sambil menundukkan muka sekitar 15 menit datanglah pendeta dan beberapa masyarakat lalu memeluk Alex dan meminta KKB untuk tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap Alex.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)