Kronologi Penembakan Helikopter PT Freeport Indonesia di Tembagapura Papua

Rabu, 06 Januari 2021 - 18:18 WIB
loading...
Kronologi Penembakan Helikopter PT Freeport Indonesia di Tembagapura Papua
Kelompok bersenjata menembaki Helikopter Eagle 407 HP/PK-ZGM, PT Freeport Indonesia di area Benangin dekat Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (6/1/2021). Foto Bidhumas Polres Mimika
A A A
TIMIKA - Kelompok bersenjata menembaki Helikopter Eagle 407 HP/PK-ZGM, PT Freeport Indonesia di area Benangin dekat Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (6/1/2021). Penembakan diduga dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kalikopi.
Kronologi Penembakan Helikopter PT Freeport Indonesia di Tembagapura Papua

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, helikopter ditembak saat survei GPS di area Benangin dekat Kp Tsinga, Distrik Tembagapura, Papua.

(Baca: OPM Kalikopi Diduga Kelompok Bersenjata yang Menembaki Helikopter di Tembagapura)

Berikut kronologis yang dipaparkan Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kepada MNC Media.

Sekitar pukul 07.03 WIT Helikopter PT Freeport Indonesia take off dari Bandara Moses Kilangin,Timika untuk melaksanakan survei GPS di area Benangin dekat Kp Tsinga.
Kronologi Penembakan Helikopter PT Freeport Indonesia di Tembagapura Papua

Lalu pada pukul 08.40 WIT pada saat melakukan pengambilan foto udara tepat di daerah Benangin pilot merasa mencium bau fuell. Sehingga pilot mendarat di Heliped Benangin dan melihat ada lubang di bodi pesawat selanjutnya pilot kembali ke Heliped 66 Tembagapura.

(Baca juga : Kelompok Bersenjata di Papua Tembaki Helikopter PT Freeport Indonesia di Tembagapura)

"Setelah dilakukan pemeriksaan Heli Bell 407 HP/PK-ZGM terkena tembakan pada body Heli sebelah kiri tepatnya di bawah pintu penumpang sebelah kiri dan terdapat kebocoran bahan bakar pada bagian bawah heli. Selain itu heli ditembak pada saat terbang di ketinggian 1.500 kaki," ungkap Kapolres.

Kapolres Mimika menyampaikan bahwa sampai sekarang masih dilakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pelaku penembakan dengan bekerjasama dengan satuan tugas TNI Polri yang ada di Kabupaten Mimika.

Kapolres juga menegaskan, pihaknya telah memeriksa tiga orang saksi yaitu pilot Stuward dan kedua penumpangnya yaitu Dave Jhon selaku Aviation Manager dan Ardy Lotmaster.
(sms)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1912 seconds (11.210#12.26)