1,5 Juta Warga Karawang Divaksinasi Secara Bertahap

loading...
1,5 Juta Warga Karawang Divaksinasi Secara Bertahap
Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana. Foto/SINDOnews/Nila
KARAWANG - Sebanyak 1.541.258 warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan divaksinasi secara bertahap. Jumlah tersebut berdasarkan kreteria penerima vaksin yang ditetapkan pemerintah yaitu berusia 18 -59 tahun.

"Kami sudah mengajukan kebutuhan vaksin di Karawang sesuai kreteria yang ditetapkan pemerintah. Hanya saja vaksin tersebut akan didistribusikan secara bertahap hingga semua kebutuhan terpenuhi," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Karawang Fitra Hergyana, Rabu (6/1/21).

Menurut Fitra, tahap pertama vaksinasi diberikan kepada 9.240 orang tenaga kesehatan yang dilakukan pada minggu kedua atau ketiga Januari 2021.

Vaksinasi dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan milik pemerintah. Tahap selanjutnya pemberian vaksin diperuntukan bagi mereka yang bekerja di ruang publik seperti TNI dan Polri.



"Saat ini vaksin belum didistribusikan ke Karawang, tapi kami sudah mengajukan tahap awal untuk tenaga kesehatan," katanya.

Menurut Fitra, Pemkab Karawang sudah menyiapkan gudang khusus menyimpan vaksin. Gudang yang berada di lingkungan Dinas Kesehatan Karawang ini dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan menyimpan vaksin sebelum diditribusikan. "Tempatnya harus khusus karena suhunya harus bisa terjaga, " katanya.

(Baca juga: Dinkes Kota Cirebon Gelar Simulasi Vaksinasi COVID-19)



Terkait kesiapan tenaga vaksinator, Fitra mengatakan ada sebanyak 856 petugas yang terdiri dari 118 dokter, 526 bidan, dan 212 perawat yang telah dilatih melakukan vaksinasi.

(Baca juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Tegaskan Tidak Ada KBM Tatap Muka hingga 6 Bulan ke Depan)

Tenaga vaksinator tersebut sebelumnya sudah diberikan pelatihan sebelum diterjunkan kelapangan. "Kita sudah melakukan simulasi dua minggu lalu dan sekarang sudah siap melaksanakan vaksinasi," katanya.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top