Drone Bawah Laut Ditemukan di Perairan Selayar, Begini Respons Gubernur

Selasa, 05 Januari 2021 - 23:16 WIB
loading...
Drone Bawah Laut Ditemukan di Perairan Selayar, Begini Respons Gubernur
Drone bawah laut ditemukan Saeruddin (60), nelayan asal Kabupaten Selayar. Saat ini benda tersebut tengah diteliti di Surabaya. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel , HM Nurdin Abdullah belum mau berspekulasi terkait drone bawah laut atau seaglider yang ditemukan nelayan di perairan Selayar Sabtu 26 Desember 2020 lalu. Benda itu tengah diteliti Komando Armada II Surabaya.

Nurdin tak mau menduga-duga terkait keberaan seaglider tersebut di perairan Selayar. Ia mengaku masih menunggu hasil pengkajian dari pihak terkait.

Baca juga: Soal Penemuan Seaglider Asing di Selayar, KSAL: Patut Diwaspadai

“Pertanyaannya, ini murni untuk penelitian atau tujuan-tujuan tertentu, ini juga belum kita tahu. Kedua, siapa yang menempatkan, kita juga belum tahu. Jadi, kita tidak boleh menuduh dulu. Kita tunggu sampai kajian ini selesai,” ujar Nurdin seperti dikutip dari laman Pemprov Sulsel , Selasa (5/1/2021).

Menurut Nurdin , seaglider ini setelah diteliti dan dibandingkan, memiliki kemiripan dengan produk dari China . Namun itupun tak bisa dipastikan.

"Ini ada kemiripan dengan produk China , tetapi kita belum bisa menuduh bahwa ini yang meletakkan China , kita belum tahu. Apakah orientasi penelitian dan sebagainya,” ucapnya.

Baca juga: Seaglider di Selayar Diduga Perangkat Mata-Mata, Bukan Milik Swasta

Ia juga menegaskan, Pemprov Sulsel belum melayangkan surat protes ke pihak manapun terkait hal ini. “Tidak ada, bagaimana mau melayangkan surat sementara kita tidak tahu siapa yang meletakkan,” tegasnya.

Seaglider tersebut pertama kali ditemukan nelayan di Kabupaten Selayar bernama Saeruddin (60).
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1841 seconds (11.97#12.26)