Dokter dan Perawat Positif COVID-19, Pelayanan Puskesmas Citeureup Lumpuh

Selasa, 05 Januari 2021 - 18:53 WIB
loading...
Dokter dan Perawat Positif COVID-19, Pelayanan Puskesmas Citeureup Lumpuh
ilustrasi
A A A
CIMAHI - Aktivitas pelayanan di Puskesmas Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat ditutup sementara. Itu karena ada enam orang pegawai terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga harus menjalani isolasi.

"Pelayanan puskesmas ditutup selama dua hari sampai besok. Ini untuk pencegahan dan sterilisasi setelah diketahui ada pegawai puskesmas yang positif COVID-19," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, Selasa (5/1/2021).

(Baca juga: Suntik Vaksin COVID-19 untuk 44.000 Nakes Jabar Digelar Pekan Ketiga Januari )

Dia menyebutkan, pegawai yang positif COVID-19 itu terdiri dari tenaga dokter dan perawat. Mereka terkonfirmasi berdasarkan hasil swab test, setelah sebelumnya diketahui ada satu pegawai positif. Mereka adalah hasil traking kontak erat dengan yang positif pertama.

Secara total ada 20 pegawai di lingkungan Puskesmas Citeureup yang menjalani swab test. Hasilnya ada lima yang positif sehingga totalnya enam orang terpapar. Mereka harus menjalani isolasi mandiri di rumah karena masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Kondisi kesehatannya baik, kami pantau terus, karena kategori OTG. Makanya isolasinya juga mandiri di rumah," ucapnya.

(Baca juga: Dua Hari Setelah Naik Pangkat, Kapolsek Sambong Blora Meninggal Dunia COVID-19 )

Disinggung soal dari mana mereka terpapar, dia menyebutkan jika keenam orang pegawai itu merupakan kategori risiko tinggi terpapar COVID-19. Sebab menjadi petugas lapangan terdepan yang melakukan traking di lapangan serta penanganan terhadap pasien COVID-19.

"Memang mereka petugas lapangan dan ada yang menangani pasien COVID-19 juga, makanya rawan terpapar dengan kategori risiko tinggi," pungkasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)