Warga Shock, Setelah Tahu Orang yang Dikuburkannya Positif Corona

Kamis, 14 Mei 2020 - 19:33 WIB
loading...
Warga Shock, Setelah Tahu Orang yang Dikuburkannya Positif Corona
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
PRABUMULIH - KI (78), seorang perempuan pasien dalam pengawasan (PDP), warga Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, meninggal dunia di kediamannya Rabu (13/05/2020). Pemakaman jenazah pasien dilakukan pihak keluarga tanpa pendampingan tim kesehatan, dan tidak secara protokol kesehatan Corona.

Usai pemakaman dilaksanakan, tim medis Dinas Kesehatan Kota Prabumulih menyatakan jika hasilswab test pasien diketahui positif Corona. Informasi itu membuat shock keluarga dan para pelayat yang datang ke rumah duka. ( Baca:Gara-gara Berita Covid-19, Wartawan di Muratara Dikeroyok )

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Prabumulih dr. Happy Tedjo, saat dihubungi membenarkanhasil swab test terhadap pasien itu dinyatakan terkonfirmasi positif Corona. Statsus itu berdasarkan hasil yang diterima Dinkes pada Rabu malam (13/05/2020) dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang (BBLK).

"Tim medis di Puskesmas Delinom telah mengarahkan proses pemakaman dilakukan secara protkes Corona, namun berdasarkan permintaan pihak keluarga jenazah almarhum dimakamkan layaknya jenazah pada umumnya," terang Tedjo yang juga jubir gugus tugas penanganan dan pencegahan COVID-19.

Sebelumnya, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, kondisi kesehatannya sempat ngedrop dan kemudian berobat ke Rumah Sakit Fadillah. Karena merasa sehat, pasien meminta pulang. Lalu kesehatannya kembali menurun dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih.

"Atas permintaan keluarga, pasien dirawat di rumah. Sebelumnya kita telah melakukan swab test, hasilnya baru diketahui setelah pasien meninggal dan dikemubikan oleh pihak keluarga," ungkapnya.

Usai dinyatakan positif, Dinas kesehatan kota Prabumulih langsung melakukan tracking terhadap keluarga dan orang-orang yang telah kontak langsung dengan almarhum.

"Saat ini tracking telah kami lakukan kepada siapa saja yang telah kontak langsung dengan almarhum. Dan hingga kini, petugas kita masih bekerja di lapangan. Untuk hasilnya nanti kami sampaikan," katanya.
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)