Tim Gabungan Datangi Lokasi Penemuan Serpihan Mirip Bangkai Pesawat AirAsia

Senin, 04 Januari 2021 - 20:24 WIB
loading...
Tim Gabungan Datangi Lokasi Penemuan Serpihan Mirip Bangkai Pesawat AirAsia
Temuan benda besar mirip serpihan bangkai pesawat AirAsia di Dusun Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kumai Sebarang, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalteng. Foto/iNews TV/Sigit Dzakwan
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Senin malam (4/1/2021) berangkat menuju lokasi temuan benda besar mirip serpihan bangkai pesawat di Dusun Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kumai Sebarang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat , Kalimantan Tengah.

(Baca juga: Warga Dusun Ranggau Temukan Benda Besar Mirip Bangkai Pesawat AirAsia di Pantai)

Hal ini disampaikan Kepala UPT KSOP Kumai, Wahyu Prihanto yang juga mantan KNKT ex. KA. Sub Bagian Investigasi KNKT pusat. “Ya InsaAllah malam ini kita berangkat ke TKP menggunakan speed. RBB dengan Speed +- 50 Knots,” ujar Wahyu melalui pesan Whatsapp, Senin malam, (4/1/2021).

(Baca juga: Benda Besar Mirip Bangkai Pesawat AirAsia Gemparkan Warga Kobar, KSOP Kumai Akan Cek Langsung)

Diperkirakan tim gabungan sampai dilokasi sekitar 4 jam dari keberangkatan. “Empat jam sampai di lokasi. Penyelidikan dilakukan esok hari,” ujarnya.

Sebelumnya, video amatir dengan durasi 42 detik tentang temuan benda besar yang duga bangkai pesawat terbang diposting salah seorang warga Dusun Teluk Ranggau di laman Facebooknya @andi andisukandi, pada ada Senin (4/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB dengan caption “Kurang tau pasti ini apa. untuk dugaan sementara ini body pesawat .posisi di selat /telok ranggau.”

“Saya awalnya melihat postingan di Facebook milik Andi warga Dusun Teluk Ranggau pada Senin siang. Kebetulan istri saya orang sana juga. Karena di sana tidak ada sinyal bisa jadi temuan itu kemarin (Minggu) atau Sabtu,” ujar seorang pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Yusuf, kepada MNC Media, Senin (4/1/2021) sore.

Jika dilihat dari rekaman video tersebut, panjang benda tersebut diperkirakan sekitar 9 meter dengan diameter 6 meter. Benda berbentuk separuh tabung besar dan diujungnya ada benda mirip tabung ukuran kecil.

Benda tersebut mirip dengan bangkai pesawat di bagian belakang. “Ya benda itu terdampar di pantai, terbawa ombak besar. Bisa jadi ini sisa bangkai pesawat AirAsia yang jatuh di perairan Teluk Desa Ranggau pada 28 Desember 2014 lalu. Tapi nanti pihak yang berwenang yang bisa menjawab apa benda ini. Pihak warga setempat sudah melapor ke polisi, dan pihak berwenang lainnya,” ujar Yusuf.

Wahyu Prihanto menambahkan, berawal dari postingan di FB @andi andisukandi terkait video temuan benda mirip serpihan pesawat. “Info awal dari postingan warga setempat. Lokasi sangat jauh dan butuh waktu untuk ke sana guna mengecek itu benda apa,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dugaan kuat benda tersebut memang serpihan pesawat jika dilihat dari video yang sudah beredar. “Namun untuk memastikan harus langsung melihat sendiri. Dalam kasus ini saya sudah langsung melapor ke KNKT Pusat untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Yang jelas nanti saya sendiri yang akan ke sana untuk mengecek benda tersebut. Namun menunggu cuaca membaik. Karena saat ini cuaca di TKP sedang buruk,” katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3636 seconds (0.1#10.140)