Penanggulangan Wabah COVID-19 Ala Prajurit TNI AL

Jum'at, 17 April 2020 - 05:29 WIB
loading...
A A A
Setibanya di dermaga, Komandan KRI Albakora-867 melaksanakan apel khusus kepada seluruh ABK yang sehat. Sementara Tim Kesehatan Satgas COVID-19 Koarmada III yang telah siap di dermaga mengevakuasi ABK yang sakit gejala COVID-19 dengan ambulan dan dikawal POM Koarmada III menuju RSAL Oetojo Kota Sorong untuk dilaksanakan pemeriksaan medis.

Sedangkan ABK KRI Albakora-867 lainnya memakai masker turun ke dermaga untuk melaksanakan protokol kesehatan, mencuci tangan, pemeriksaan suhu badan, dan penyemprotan disinfektan satu persatu.

Satgas Penanggulangan COVID-19 Koarmada III juga melaksanakan penyemprotan disinfektan KRI Albakora-867 dan seluruh ABK menjalani beberapa protokol kesehatan lainnya, di antaranya berada di KRI selama 14 hari.

Manuver lapangan latihan tersebut berjalan dengan baik sesuai skenario yang telah ditetapkan berdasarkan Protokol Kesehatan Penanganan Wabah COVID-19. Menurut Abdul Kadir, latihan penanggulangan dampak wabah COVID-19 yang dilaksanakan di Koarmada III ini sangat diperlukan untuk dijadikan pedoman dalam bertindak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) keamanan kesehatan.

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan prajurit Koarmada III dalam menanggulangi dampak wabah COVID-19, deteksi dini, dan cegah dini serta mendukung aksi Gugus Tugas COVID-19 pemda, khususnya kota dan kabupaten Sorong," Pungkasnya.
(nbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0775 seconds (0.1#10.140)