Ada 15 Kasus Narkoba di Kapuas Hulu selama 2020, 4 Perkara Selesai di Pengadilan

Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:37 WIB
loading...
Ada 15 Kasus Narkoba di Kapuas Hulu selama 2020, 4 Perkara Selesai di Pengadilan
Foto/ilustrasi SINDOnews
A A A
KAPUAS HULU - Polres Kapuas Hulu , Kalimantan Barat (Kalbar) menangani sebanyak 15 kasus selama tahun 2020. Empat dari kasus tersebut sudah tuntas hingga ke pengadilan, sedangkan 11 kasus lain sedang proses penyidikan untuk dilanjutkan ke kejaksaan (P21).

“Jika dibandingkan dengan 2019 lalu, kasus narkoba mengalami peningkatan tiga perkara pada 2020," kata Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Wedy Mahadi, Jumat (1/1/2021). (Baca juga: Ibu Ini Nekat Selundupkan 18 Paket Sabu dalam Sayur Kangkung untuk Anaknya di Lapas)

Dia menambahkan, pada 2019 ada 12 kasus narkoba. Semuanya sudah selesai dengan barang bukti sebanyak 6,19 gram sabu. Sedangkan pada 2020 terdapat 15 kasus narkoba dengan barang bukti sebanyak 17,69 gram sabu. "Dari hasil penyidikan rata-rata kasus narkoba itu sudah merambah ke kecamatan," kata Wedy.

Menurutnya, kasus narkoba memang rawan terjadi di Kapuas Hulu. Hal ini karena wilayah ini merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. “Bisa saja barang haram tersebut diselundupkan lewat jalur-jalur tidak resmi,” katanya.(Baca juga: Rindu Anak dan Mamaknya, Cewek Narkoba Menangis Dengarkan Siraman Rohani Kapolres Batubara)

Tetapi dari hasil penyelidikan, rata-rata para tersangka memperoleh narkoba jenis sabu itu dari Kota Pontianak. Barang itu dikirim melalui jasa angkutan umum dan pengiriman barang. Dia mengatakan Polres Kapuas Hulu melalui Satnarkoba terus berupaya mencegah dan melakukan tindakan pengungkapan terhadap penyalahgunaan narkoba .

Dia mengaku punya strategis khusus dalam pengungkapan narkoba. “Karena memang itu tidak mudah, sehingga kami terus berupaya menjalin koordinasi dan sinergitas dengan semua pihak. Kami juga minta masyarakat jangan takut melaporkan apabila ada mengetahui jaringan maupun penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu," kata Wedy.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)