Satu-satunya di Jatim, Perpustakaan yang Dikelola Karang Taruna Diapresiasi Pemerintah

Jum'at, 01 Januari 2021 - 14:53 WIB
loading...
Satu-satunya di Jatim, Perpustakaan yang Dikelola Karang Taruna Diapresiasi Pemerintah
Perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim saat berkunjung ke perpustakaan Patriot, Brumbungan Lor, Probolinggo.Foto/ist
A A A
PROBOLINGGO - Karang Taruna (kartar) Brumbungan Lor, Probolinggo, Jawa Timur, patut berbangga. Perpustakaan yang dikelolanya mendapat apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Jawa Timur.

Apresiasi ini diberikan lantaran anak-anak muda ini berhasil menyediakan ruang belajar online (RBO) gratis untuk pelajar dan mahasiswa di perpustakaan tersebut.

Sebegai wujud apresiasi, Dispersip mengunjungi langsung perpustakaan ini pertengahan bulan lalu. Bahkan secara khusus, 22 orang terdiri dari pustakawan, kabid, dan arsiparis mengunjungi Perpustakaan Patriot yang menjadi satu-satunya di Jawa Timur yang dikelola karang taruna.

(Baca juga: Fasilitasi Pembelajaran Saat Pandemi, Karang Taruna Sediakan Ruang Belajar Online )

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meninjau pengelolaan perpustakaan dan pengelolaan administrasi, serta meninjau standarisasi RBO yang baru saja digagas,” kata ketua Karta Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo, Faqih Rizky Muhammad, dalam keterangannya, Jumat (1/1/2021).

Dalam kunjungannya, Dispersip juga berdiskusi dengan pengurus karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community ini.

Menurut Faqih, beberapa kendala yang dialami oleh pengurus misalnya proses pelaksanaan belajar bareng gratis dan RBO, termasuk mengenai fasilitas komputer sebagai sarana belajar yang jumlah komputernya terbatas. Kemudian bahan pustaka di perpustakaan , termasuk juga soal honor.

(Baca juga: Hari Pertama Tahun 2021, Pemuda Pasuruan Dihajar Massa Usai Gasak Uang Penjual Daging )

Dispersip Provinsi Jatim berharap RBO tetap berjalan secara berkelanjutan dan mengaktifkan kembali program belajar bareng gratis yang beberapa waktu lalu sempat dinonaktifkan akibat adanya penetapan zona merah di Kecamatan Gending.Pengaktifan kembali ini juga dengan memperhatikan standar protokol pencegahan COVID-19

Dispersip Provinsi Jatim juga akan mengusulkan untuk honor pengelola perpustakaan dan mentor bisa dinaikkan kepada pihak yang berwenang. Termasuk juga bahan pustaka yang dibutuhkan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)