Malam Tahun Baru, Kapolda Sulut Imbau Masyarakat di Rumah Saja

Kamis, 31 Desember 2020 - 12:11 WIB
loading...
Malam Tahun Baru, Kapolda Sulut Imbau Masyarakat di Rumah Saja
Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra meminta masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun baru di luar rumah. Imbauan ini untuk memutus penyebaran Covid-19. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MANADO - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol RZ Panca Putra meminta masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun baru di luar rumah. Imbauan ini untuk memutus penyebaran Covid-19 .

"Hindari kerumunan dan pesta malam tahun baru, tidak melakukan arak-arakan, tidak menyalakan petasan dan tetap patuhi protokol kesehatan," kata Panca dalam keterangan persnya, Kamis (31/12/2020).

Panca mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sudah mengeluarkan 2 maklumat terkait kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Keduanya yakni Maklumat Nomor 3/IX/2020 saat menghadapi Pilkada Serentak dan Maklumat Nomor 4/XII/2020 saat menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. (Baca juga: Kapolri Larang 4 Kegiatan Ini saat Libur Natal dan Tahun Baru)
Malam Tahun Baru, Kapolda Sulut Imbau Masyarakat di Rumah Saja

Termasuk Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara tentang pelaksanaan Natal dan pergantian tahun di masa pandemi Covid-19 di Sulut. “Ini harus kita patuhi bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena Polri menganut asas Sulus Populi Suprema Lex Esto atau keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” tandas jenderal bintang dua ini.

Menurut Panca, kasus Covid-19 di Sulut naik cukup signifikan. Sudah ada 8 kabupaten/kota yang berada pada zona merah. Berbagai upaya telah dilaksanakan jajaran Polda Sulut bersama aparat terkait lainnya dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Baca juga: Jelang Malam Pergantian Tahun, Ini Imbauan Kapolda Sulut)

Misalnya Gerakan Sulut Sejuta Masker, sosialisasi penerapan New Normal (3M), pengawalan dan pemakaman jenazah Covid-19, penyemprotan disinfektan, kerjasama dengan lintas sectoral, pembentukan Tim Pemburu Pelanggar Covid-19, sosialisasi penggunaan masker, dan pelaksanaan Operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan dukungan dan kerja sama yang sudah diberikan oleh Forkopimda, masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan teman-teman media dapat bermanfaat untuk kita semua dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan mewujudkan Sulut yang lebih baik lagi kedepan,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5798 seconds (0.1#10.140)