Stress Corona, Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan 'Pandemic Walker'

Kamis, 14 Mei 2020 - 15:15 WIB
loading...
Stress Corona, Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan Pandemic Walker
Eza Krismayanti, bersama timnya menunjukkan Game Pandemic Walker di UM Surabaya, Kamis (14/5/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 telah berdampak terhadap kesehatan mental masyarakat. Khusunya mahasiswa yang menjalani aktivitas belajar di rumah. Stres berat di tengah pandemi bukan masalah sepele. Sebab, stres dapat mempengaruhi kesehatan fisik atau yang disebut psikosomatik.

(Baca juga: Nyanyian Merdu Melody Membasuh Keresahan di Tengah Pandemi )

Gejala-gejala psikomatik seperti tidak nafsu makan, sering pusing dan malas beraktivitas sudah dialami oleh beberapa mahasiswa. Salah satunya, Eza Krismayanti, mahasiswa D3 Keperawatan UM Surabaya. Ia mulai merasa mengalami stres, cemas dan bosan dengan kondisi yang tidak pasti ini. Ditambah dengan banyaknya informasi yang kurang menggembirakan di tengah pandemik Korona.

Saat dilanda stres berat di rumah, Eza, panggilan akrab, muncul ide untuk membuat game edukasi bernama "Pandemic Walker". Menurutnya, Game ini bertujuan untuk membangun narasi yang optimis dan positif di masyarakat dengan cara yang menyenangkan, melawan bosan agar betah dan tidak stres di rumah, dan sarana edukasi tentang COVID-19.

Stress Corona, Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan 'Pandemic Walker'


“Saat merasa stress karena harus di rumah selama beberapa bulan. Lalu, saya punya ide membuat game sebagai penurun stres juga sebagai sarana masyarakat untuk belajar tentang pencegahan virus corona dengan cara yang menyenangkan," katanya saat ditemui di kampus UMSurabaya, Kamis (14/5/2020).

Eza berkolarasi dengan Mochamad Risky Tri Yulianto, mahasiswa Teknik Elektro. Menurut Rizky, sapaan akrabnya, game ini bisa dimainkan oleh siapapun. Dan, game ini akan segera dinikmati oleh semua masyarakat melalui fitur Play Store.

Menurutnya, game ini mengandung pesan pencegahan dan cara memproteksi diri dari virus Corona. Ia menjelaskan, saat memainkan game, seseorang harus bisa mempertahakan badannya dari kontaminasi virus. Seseorang harus mencari jalan keluar dari kerumunan. Berjalan dengan tetap menjaga jarak. Lalu, mencari masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan sebagai langkah pencegahan.

"Jika banyak terkontaminasi virus, maka game akan berakhir dan dimulai lagi sampai menemukan jalan keluar dengan badan tidak membawa virus corona," jelasnya.

Stress Corona, Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan 'Pandemic Walker'
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6090 seconds (0.1#10.140)