Kapolda Jatim Siap Tindak Tegas Pelanggar Prokes Kerumunan di Pemakaman Habib Hasan

Selasa, 29 Desember 2020 - 14:05 WIB
loading...
Kapolda Jatim Siap Tindak Tegas Pelanggar Prokes Kerumunan di Pemakaman Habib Hasan
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta (tengah) saat memberi keterangan di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (29/12/2020). Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta siap menindak tegas siapapun yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19. Penegasan itu terkait kasus kerumunan ribuan pelayat saat mengikuti prosesi pemakaman ulama besar, Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf di Masjid Jami Al-Anwar, Alun-alun Kota Pasuruan, Minggu (27/12/2020) lalu.

(Baca juga: Polda Jatim Dalami Kasus Kerumunan di Pemakaman Habib Hasan)

“Tim Satgas COVID-19 Provinsi Jatim sudah turun tadi malam bersama tim Satgas COVID-19 Pasuruan untuk mendalami dugaan adanya pelanggaran (protokol kesehatan). Tim telah berkoordinasi dan bekerja dan akan memproses pelanggaran protokol kesehatan tersebut,” kata Nico di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (29/12/2020).

(Baca juga: Satgas COVID19 Tak Mampu Bendung Lautan Manusia Antarkan Jenazah Habib Hasan)

Selanjutnya, kata Kapolda, Tim Satgas COVID-19 Provinsi Jatim dan Tim Satgas COVID-19 Pasuruan akan melakukan tracing dan testing untuk mengetahui ada tidaknya penyebaran virus Corona dalam kerumunan tersebut. “Kami memohon dan meminta kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan,” ujar jenderal bintang dua ini.

Sebelumnya, beredar rekaman video pemakaman Habib Hasan yang diunggah akun twitter Si Tepeng @85albasrihasan. Dalam video tersebut terlihat ribuan orang sedang membacakan doa bagi sang almarhum. Namun, sebagian besar dari pelayat ini tidak menjaga jarak dan sebagian tak mengenakan masker.

Diketahui, Habib Hasan tutup usia pada Minggu (27/12/2020), sekitar pukul 02.00 WIB setelah sebelumnya mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit National Hospital, Surabaya. Habib Hasan merupakah ayah Habib Abu Bakar Assegaf dan mertua Habib Taufik Assegaf salah satu tokoh ulama kharismatik di Pasuruan.

Habib Hasan dikenal sebagai sosok yang kharismatik. Almarhum dikenal sangat bersahaja, sederhana dan kerap mendatangi majelis ilmu maupun sholawat di Pasuruan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)