Rapid Test Antigen di Dua Pelabuhan, KKP Banten Temukan 4 Orang Positif COVID-19

Senin, 28 Desember 2020 - 22:19 WIB
loading...
Rapid Test Antigen di Dua Pelabuhan, KKP Banten Temukan 4 Orang Positif COVID-19
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten menemukan 4 orang positif COVID-19 saat rapid test antigen selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SERANG - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten menemukan 4 orang positif COVID-19 saat rapid test antigen selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Temuan itu hasil pemeriksaan di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Bojonegara, Serang.

Perlu diketahui , KKP Banten menggelar rapid test antigen kepada penumpang baik di Pelabuhan Merak maupun di Pelabuhan BBJ secara cuma-cuma alias gratis selama arus mudik Nataru. Sejauh ini KKP sudah melakukan rapid antigen sebanyak 330 orang di dua pelabuhan tersebut. "Data terakhir kita sudah rapid test antigen sebanyak 330 an , dari jumlah itu yang positif di Merak 1 dan di Bojonegara 3," kata Kepala KKP Banten, Sedya Dwisangka, Senin (28/12/2020).

Empat orang yang positif Covid -19 saat rapid test antigen tersebut , langsung diminta pulang dan tidak boleh melanjutkan perjalanan. KKP kemudian menghubungi Satgas COVID-19 tempat tinggal mereka. "Jadi kita rujuk balik, nggak boleh menyeberang karena risiko tinggi, kita rujuk ke gugus tugas di mana dia berada untuk dilakukan diagnosis dan kontak tracing agar kita memutus penularan secepatnya," jelasnya. (Baca: Virus Corona Bermutasi di Inggris, Ahli Undap Ingatkan Ini).

Pelaksanaan rapid test antigen bakal digelar KKP hingga 8 Januari 2021 mendatang. KKP menyiapkan 25 ribu alat rapid test antigen selama pelaksanaan berlangsung. "Alat rapid test antigen banyak, kita punya 25 ribu. Jadi kita siap bantu masyarakat, siap bantu Provinsi Banten dan Cilegon untuk memutus manta rantai penyebaran Covid -19 ," pungkasnya. (Baca: 6 Kabupaten di Jateng Tutup Semua Destinasi Wisata saat Malam Tahun Baru).
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)