Manfaatkan Daun Mimba untuk Obat Anti Virus COVID-19, Siswa SMA di Gresik Raih Penghargaan Internasional

Minggu, 27 Desember 2020 - 10:21 WIB
loading...
Manfaatkan Daun Mimba untuk Obat Anti Virus COVID-19, Siswa SMA di Gresik Raih Penghargaan Internasional
Manfaatkan Daun Mimba untuk Obat Anti Virus COVID-19, Siswa SMA di Gresik Raih Penghargaan Internasional. Foto/SINDOnews/Agus Is
A A A
GRESIK - Dua siswa SMA Muhammmadiyah 10 GKB, Gresik meraih penghargaan internasional melalui penelitiannya tentang pemanfaatan daun mimba untuk obat anti virus COVID-19.

Berkat ketekunannya, siswa IPA ini memperoleh medali silver di ajang kompetisi World Innovatife Science Project Olympiade yang diikuti pelajar dari 16 negara

Tanaman mimba, biasanya digunakan untuk pakan ternak mendadak viral dan dicari banyak orang berkat penelitian yang dilakukan Ghany Setyawan dan Salsabila Meutia.

Siwa kelas 11, jurusan IPA ini meneliti dan berhasil mengembangkan tanaman liar yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah sebagai obat anti virus COVID-19.

Meski masih dalam tahap penyempurnaan, tapi karya inovasi keduanya berhasil meraih penghargaan tingkat dunia.

Yora dan Salsa, panggilan akrab mereka, mengatakan penelitian berawal dari rasa prihatin karena merebaknya COVID-19 yang menyerang mulai dari anak-anak hingga lansia.

Bersama guru pembimbing, mereka menggali informasi dari berbagai literatur sehingga akhirnya menemukan tanaman mimba sebagai dasar penelitian karena terkandung senyawa gedunin.

"Berawal dari rasa prihatin karena korban COVID-19 terus berjatuhan hingga akhirnya kami menemukan tanaman mimba yang mengandung gedunin. Senyawa gedunin dapat bereaksi secara spontang pada empat protein yang terkandung pada virus COVID-19 sehingga efektif untuk obat anti virus COVID-19," papar keduanya.

(Baca juga: Single Tak Lagi Cinta, Ada Band Gairahkan Industri Musik di Tengah Pandemi)

Kepala Sekolah Muhammadiyah 10 GKB Gresik Hari Widiyanto mengaku bangga atas capaian prestasi siswanya di ajang internasional. "Rencananya pihak sekolah akan terus menyempurnakan sehingga dapat membantu masyarakat," tuturnya.

(Baca juga: Walikota dan Kapolresta Malang Sidak Kewajiban Surat Keterangan Rapid Pengunjung Hotel)

Penelian ini, kata dia, bagian dari ekstra kurikuler yang disediakan sekolah untuk siswa yang hobi melakukan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)