Hadapi Puncak Arus Balik Libur Nataru, Pelabuhan Bakauheni Buka 21 Loket

Minggu, 27 Desember 2020 - 04:49 WIB
loading...
Hadapi Puncak Arus Balik Libur Nataru, Pelabuhan Bakauheni Buka 21 Loket
Sebanyak 21 loket dibuka untuk penumpang saat puncak arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Foto/iNews TV/Heri Fulistiawan
A A A
LAMPUNG SELATAN - Sebanyak 21 unit loket untuk penumpang dibuka saat puncak arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan Bakauheni , Lampung Selatan, Lampung.

Pada hari biasa hanya terdapat 7 loket reguler yang melayani kendaraan roda empat. Sedangkan pada arus balik libur Nataru ini dilakukan penambahan sebanyak 4 unit. Sementara untuk loket kedaraan roda 2 dua, dari 1 unit menjadi 4 unit. Sedangkan loket dermaga eksekutif masih seperti semula, yakni 6 unit.

(Baca juga: Janda 2 Anak Tewas Ditabrak Mobil Tetangga dan Terseret 25 Meter)

Semua pengguna jasa penyebrangan diwajibkan menggunkan aplikasi scan barcode untuk mendapatkan tiket kapal. Dengan sistem ini pelayanan menjadi lebih cepat. “Maksimal 10 detik per satu unit kendaraan, sehingga penumpukan kendaraan dapat dimeminimalisir,” kata General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni, Capten Solikin, Sabtu (26/12/2020).

(Baca juga: Dapat Izin Edar, Nantinya Tes COVID-19 dengan GeNose UGM hanya Rp15-25 Ribu)

Selain penambahan loket, juga pelayanan prima dengan mempercepat waktu tempuh pelayaran menyeberangi Selat Sunda. Dari biasanya 2 jam 30 menit menjadi 2 jam. Sedangakan pelayaran kapal eksekutif maksimal 1 jam 30 menit. “Meski demikian, para nakhoda diminta untuk mengutamakan keselamatan penumpang, mengingkat cuaca saat ini tak menentu,” tandasnya.

Saat ini sebanyak 31 kapal telah disipakan untuk melayani puncak arus balik libur Nataru yang diperkirakan jatuh pada hari Sabtu, 2 Januari 2020 mendatang. Diharapkan pengguna jasa kapal yang melaksanakan liburan di Pulau Sumatera untuk mengatur jadwal pulang ke Pulau Jawa.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)