TNI AL Berhasil Evakuasi ABK KM Aina Jaya yang Kandas di Perairan Belawan

Sabtu, 26 Desember 2020 - 18:50 WIB
loading...
TNI AL Berhasil Evakuasi ABK KM Aina Jaya yang Kandas di Perairan Belawan
Empat ABK KM AIna Jaya berhasil dievakuasi pasukan dari TNI AL.Foto/ist
A A A
BELAWAN - Empat ABK KM Aina Jaya yang mengalami kebocoran setelah menabrak beting (kedangkalan) di perairan Belawan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (25/12/20), akhirnya dievakuasi Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Teluk Nibung Jajaran Satrol Lantamal I Koarmada I.

Diketahui, sekitar pukul 17.00 WIB, KM Aina Jaya GT 6 mengalami kebocoron di alur pelayaran Belawan tepatnya di sekitar bouy 9 perairan Belawan. Mendapati informasi tersebut, Kapal Patkamla Teluk Nibung langsung menuju lokasi melaksanakan SAR untuk memberikan pertolongan.

(Baca juga: Sudah 3 Kali Terbakar, Emak-emak Medan Labuhan Desak PT MKB Ditutup )

Di lokasi, Patkamla Teluk Nibung mendapati ABK Kapal KM. Aina Jaya GT. 6 tengah berupaya menghidupkan mesin pompa air (alkon) untuk mengurangi debit air yang masuk ke dalam kapal. Namun alkon tersebut tidak dapat dihidupkan, sehingga air semakin banyak yang masuk kedalam kapal. KOndisi ini mengakibatkan kapal semakin tenggelam bagian buritan kapal.

TNI AL Berhasil Evakuasi ABK KM Aina Jaya yang Kandas di Perairan Belawan


Patkamla Teluk Nibung langsung menolong dengan mencoba menarik KM. Aina menuju ke tepi alur pelayaran supaya tidak mengganggu pelayaran keluar atau masuk Belawan dan berhasil dikandaskan di perairan terdekat di sekitar bouy 9. Setelah pada posisi aman seluruh ABK Kapal KM. Aina Jaya dipindahkan ke Kapal Patkamla Teluk Nibung.

Keempat ABK KM Aina Jaya yakni Edi Apriyanto (23), Darmono (67), Sukiman (40) dan Subinanto (54) selanjutnya dievakuasi ke Lantamal I untuk diberikan pertolongan dan pengecekan Kesehatan sebelum mereka dipertemukan dengan keluarganya.

Menurut nakhoda kapal, Edi Apriyanto (23), kapalnya tengah berlayar menuju daerah kebun sawit di seberang untuk memuat hasil perkebunan sawit. Namun sesampainya di sekitar bouy 9 kapal mengalami kebocoran di bagian kamar mesin.

"Saat itu air terus masuk merendam mesin dan akhirnya mati mesin. Kami minta bantuan hingga akhirnya di temukan dan dievakuasi oleh kapal TNI AL," ucapnya.

(Baca juga: Libur Natal, Produksi Sampah di Pematangsiantar Naik 100 Ton Per Hari )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)