Kesultanan Buton Anugerahi Mayjen TNI Andi Sumangerukka Gelar Laode Lakina Umane Lipu

Jum'at, 25 Desember 2020 - 05:43 WIB
loading...
Kesultanan Buton Anugerahi Mayjen TNI Andi Sumangerukka Gelar Laode Lakina Umane Lipu
Terikat sejarah leluhurnya di Buton, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dianugerahi gelar kehormatan Laode Lakina Umane Lipu oleh Perangkat Adat Kesultanan Buton. Foto Penrem 143/HO
A A A
BUTON - Terikat sejarah leluhurnya di Buton , Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dianugerahi gelar kehormatan Laode Lakina Umane Lipu oleh Perangkat Adat Kesultanan Buton. Penganugerahan gelar adat kehormatan dari Perangkat Adat Kesultanan Buton dilaksanakan saat Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 1413/Buton bersama Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A Siahaan
Kesultanan Buton Anugerahi Mayjen TNI Andi Sumangerukka Gelar Laode Lakina Umane Lipu

"Dalam kunjungan kerja selama 2 hari ini sejak Rabu, 23 Desember 2020, Pangdam XIV/Hsn juga mendapatkan kado istimewa dari Kesultanan Buton , yaitu gelar kehormatan Adat yaitu Laode Lakina Umane Lipu," ujar Kepala Penerangan Korem 143/Halu Oleo Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Kamis (24/12/2020)

"Bapak Pangdam kini memilik panggilan La Ode Sumangerukka. Arti dari La Ode Lakina Umane Lipu sendiri memiliki makna seorang lelaki pemberani, menguasai wilayah dan petinggi atau pejabat negeri,” imbuhnya.

(Baca Juga: Diduga Peras Warga, Kapolda Sumut Copot Wakapolsek Helvetia AKP DK)


Menurut Sumarsono, pemberian gelar adat tersebut tentu tidak saja menjadi penghargaan istimewa bagi Mayjen TNI Sumangerukka semata, namun juga bagi TNI AD.

"Bertepatan dengan peringatan Hari Juang TNI AD tahun ini, gelar kehormatan dari Kesultanan Buton ini tidak saja jadi penghargaan istimewa bagi Mayjen TNI Andi Sumangerukka, namun juga bagi TNI AD," jelas Sumarsono.

"Banyak pertimbangan dari Kesultanan Buton yang dijadikan dasar pemberian gelar kehormatan. Namun yang menjadi alasan utama adalah keterikatan dengan sejarah leluhur dari Pangdam yang memliki hubungan yang harmonis dengan masyarakat Buton,"imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelum dilantik menjadi Pangdam XIV/Hsn oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad pada tanggal 9 Januari 2020, Andi Sumangerukka pernah menjabat sebagai Danrem 143/HO (2012-2013) dan Kabinda Sultra (2015-2019).

(Bisa diklik: Berkat Inisiatif Babinsa, Rumah Warga Buton Dibedah Lewat Program Pangdam XIV/Hsn)

"Selain itu beliau juga lama bertugas di Sultra, baik sebagai Danrem 143/HO maupun sebagai Kabinda Sultra, dan sekarang lingkupnya lebih besar lagi yaitu sebagai Pangdam XIV/Hsn," jelas Sumarsono.

Dari rekam jejak tersebut, menurutnya lagi, Jenderal Bintang Dua ini banyak berkontribusi terhadap masyarakat Sultra."Dalam hal ini tentu juga dirasakan oleh masyarakat Buton," tandasnya.

Lebih lanjut Sumarsono katakan, sesaat dianugerahi gelar kehormatan di Baruga Keraton Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada hari ini (Kamis, 24/12/2020), Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyatakan bahwa Buton merupakan rumah keduanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)