Mendadak 9 Kades di Batu Bara Geruduk Kantor PT Inalum, Ada Apa?

Senin, 21 Desember 2020 - 18:42 WIB
loading...
Mendadak 9 Kades di Batu Bara Geruduk Kantor PT Inalum, Ada Apa?
Sembilan kades di Kecamatan Sei Suka didampingi Camat Sei Suka saat mendatangi kantor PT Inalum Kuala Tanjung, di Desa Kuala Tanjung, Batu Bara, Sumatera Utara. Senin (21/12/2020). Foto: iNews TV/Fadly Pelka
A A A
BATU BARA - Sembilan orang kepala desa (kades) di Kecamatan Sei Suka mendadak mendatangi kantor PT Inalum Kuala Tanjung , di Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut), Senin (21/12/2020).

Awalnya, Humas PT Inalum keberatan karena Kades Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Matsyah mengikut sertakan beberapa awak media, namun Matsyah tetap bersikukuh, “Media harus ikut masuk, untuk meliput, mengapa kalian tutupi," tegasnya saat di pintu lift. (Baca Juga: Astaga, 4 Anak di Batu Bara Tega Gugat Ayah Kandungnya)

Para kepala desa (kades) tersebut mempertanyakan rekruitmen tenaga security yang ditempatkan untuk pengamanan perusahaan PT Inalum Kuala Tanjung, tidak ada pemberitahuan kepada pihak kecamatan atau kantor desa yang berdampingan dengan PT Inalum. (Baca Juga: Ratusan Makam Terbongkar, Warga Ngeri Lihat Kain Kafan Berserakan dan Tulang Jenazah)

Dalam pertemuan tersebut, Matsyah menyesalkan pihak PT Praja Buana Romero selaku perusahaan yang merekrut tenaga security tidak ada pemberitahuan kepada kantor desa yang ada di Batu Bara, khususnya Kecamatan Sei Suka. “Kami tidak memaksakan warga desa kami yang harus diterima, setidaknya warga bisa ikut berkompetisi melalui prosedur yang ada, diterima atau tidak, bukan masalah bagi kami,” tegasnya.

Aksi mendadak yang dilakukan para kepala desa tersebut didampingi oleh Camat Sei Suka, Listen Samosir dan Sekretaris Kecamatan, Ngadirun. Dalam pertemuan tersebut delegasi kepala desa dan Camat Sei Suka akhirnya diterima di ruang Humas PT Inalum Kuala Tanjung. (Baca Juga: Kecelakaan Beruntun, Satu Pengemudi Tewas di Lokasi Kejadian)

Camat Sei Suka, Listen Samosir mengharapkan, ke depan pihak Humas PT Inalum memberi kabar kepada kecamatan, dan ada selebaran tentang rekruitmen tenaga kerja agar di ketahui publik. “Jadi kesannya tidak tertutup,” ujarnya.

Manager Security PT Inalum, Zainuddin Iqbal saat diwawancarai media enggan berkomentar banyak hanya bilang, “no comment, " ucapnya sambil melambaikan tangan meninggalkan wartawan. (Baca Juga: Tak Bisa Berenang, Seorang Kakak Pasrah Lihat Adiknya Tenggelam di Sungai)

Iqbal menyebutkan, ke depan PT Inalum akan memberitahukan kepada perusahaan pemenang, untuk menginformasikan dengan membuat selebaran kepada pihak kecamatan yang ada di Batu Bara untuk diteruskan di setiap kantor kepala desa.

Junior Manager Security mengatakan,PT Inalum telah menyerahkan kepada PT Praja Buana Romero melalui mekanisme lelang. “PT Inalum tidak bisa mengintervensi sistem penerimaan, dan yang diterima adalah putra daerah Batu Bara,” ungkapnya.

Kesembilan kades yang hadir dalam pertemuan tersebut yakni, Kades Kuala Indah, Matsyah, Kades Simodong, Kades Tanjung Gading, Kades Sei Suka Deras, Lurah Perkebunan Sipare - Pare, Kades Brohol, Kades Simpang Kopi, Kades Pematang Kuing, dan perwakilan Desa Lalang Kecamatan Medang Deras.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.7070 seconds (0.1#10.140)