Pegawai Positif COVID-19 dan Lockdown, Verifikasi Spj Kemenag Blitar Via Daring

Sabtu, 19 Desember 2020 - 13:30 WIB
loading...
Pegawai Positif COVID-19 dan Lockdown, Verifikasi Spj Kemenag Blitar Via Daring
ilustrasi
A A A
BLITAR - Dua orang pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Blitar terkonfirmasi positif COVID-19. Sesuai arahan dinas kesehatan setempat, Kemenag langsung mengambil langkah penutupan sementara (lockdown).

"Dua orang (positif). Tapi kantor kita kan kecil. Arahan dinkes sebelum terlambat lebih baik tracing dan treatment," ujar Humas Kemenag Kabupaten Blitar Jamil Mashadi kepada wartawan Sabtu (19/12/2020).

Penutupan sementara dimulai Kamis (17/12). Rencananya, kantor kemenag akan kembali buka pada Senin (21/12). Selama tiga hari lockdown, penyemprotan desinfektan, kata Jamil terus menerus dilakukan. Hingga kini juga belum diketahui dari mana kedua pegawai kemenag terpapar COVID-19. "Alhamdulillah penyemprotan di hari ketiga dibantu teman PMI," kata Jamil.

( )

Penutupan sementara dipastikan tidak menghentikan pelayanan. Bagian layanan publik sudah menginformasikan. Hal itu mengingat saat ini jelang akhir tahun di mana banyak sekolah dituntut menyelesaikan laporan pertanggungjawaban (Spj). Menurut Jamil, bila selama ini dokumen yang dibutuhkan harus dibawa ke kantor kemenag, kali ini cukup mengandalkan fasilitas tekhnologi.

Dokumen cukup difoto, lalu pihak sekolah mengirimkan melalui jaringan internet. "Karena ini akhir tahun, beberapa sekolah nyokehke (verifikasi) Spj," tambah Jamil. Begitu juga dengan sejumlah layanan yang bersifat koordinatif, semuanya memakai komunikasi daring (dalam jaringan internet). Terutama yang terdekat terkait persiapan perayaan Natal dan tahun baru.

(Baca juga: PW Muhammadiyah Jatim Siap-siap Tarik Uang Kas dari Bank Syariah Indonesia )

Koordinasi itu, kata Jamil terus berjalan. Bagaimana di masa pandemi ini perayaan Natal di Kabupaten Blitar tetap berjalan khidmat tanpa ada pelanggaran protokol kesehatan COVID-19. Namun untuk layanan publik yang harus bertatap muka langsung, Jamil mengatakan untuk sementara ditunda sampai kantor kemenag aktif kembali. "Hal hal yang sifatnya informatif tetap dilayani," pungkas Jamil.

Tercatat hingga 18 Desember, jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar mencapai 1.282 kasus. Perinciannya, 1.166 orang sembuh, 98 orang meninggal dunia, dua orang menjalani perawatan di rumah sakit dan selebihnya diisolasi
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3860 seconds (0.1#10.140)