1.163 Pelanggan di Lutra Nikmati Air PDAM Gratis Selama 2 Bulan

Rabu, 13 Mei 2020 - 18:17 WIB
loading...
1.163 Pelanggan di Lutra Nikmati Air PDAM Gratis Selama 2 Bulan
Kepala PDAM Lutra, Aris. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Masyarakat Kabupaten Luwu Utara (Lutra), khususnya prasejahtera, kini bisa menikmati air PDAM secara gratis selama dua bulan, Mei dan Juni 2020. Keputusan ini diambil PDAM Tirta BukaE Lutra atas instruksi bupati Indah Putri Indriani (IDP) untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi COVID-19 .

Berapa pelanggan PDAM yang masuk kategori prasejahtera? Kepala PDAM Lutra, Aris menyebutkan, ada 1.163 pelanggan. Mereka kini menikmati bantuan pembayaran rekening air gratis selama dua bulan.

“Jadi, mulai bulan ini, Mei sampai Juni, kita gratiskan, khusus pelanggan yang masuk kategori prasejahtera,” ungkap Aris di ruangan Bagian Ekonomi Setda Lutra, Selasa (12/5/2020) di Masamba, seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.



Ia menyebutkan, 1.163 pelanggan kategori prasejahtera ini sudah melalui beberapa tahapan sebelum dipilih sebagai penerima kebijakan bantuan rekening air gratis. Menurut dia, sebelum menentukan nama pelanggan, pihaknya terlebih dahulu mengumpulkan data, lalu memanggil seluruh kepala cabang untuk membahas hal ini. Setelah itu, pihaknya melakukan survei lapangan.

“Jadi, kami tidak asal menentukan siapa pelanggan prasejahtera, tapi kami menentukannya melalui metode survei dengan turun langsung ke lapangan. Ini kita lakukan untuk menjaga ada yang komplain dari masyarakat,” ujar Aris seraya menambahkan bahwa, pelanggan yang dapat bantuan pembayaran air langsung diberikan surat pemberitahuan.

Lebih jauh Aris menambahkan, jumlah pelanggan terbesar yang menikmati bantuan ini ada di Kecamatan Masamba dengan 381 pelanggan, disusul Tanalili (217), Baebunta (190), Bonebone (181), Sukamaju Selatan (108), Mappedeceng (50), Malangke (23), dan Sukamaju (13).



Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemkab Lutra , Metu Ratu mengatakan, kebijakan ini adalah bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat di tengah pandemi COVID-19 .

“Jangan dilihat gratisnya, tapi lihatlah kepedulian pimpinan dalam mengantisipasi dampak COVID-19 terhadap masyarakat, khususnya prasejehtara. Di Sulsel ini, baru Luwu Utara dan Makassar yang menggratiskan air PDAM di masa pandemi COVID -19. Sekali lagi, bupati kita sangat peduli terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19 ,” kata Metu.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)