Cerita Mahasiswa Bandung, Mesti Bayar Swab Test Rp900.000 Demi Magang di Bali

Jum'at, 18 Desember 2020 - 15:29 WIB
loading...
Cerita Mahasiswa Bandung, Mesti Bayar Swab Test Rp900.000 Demi Magang di Bali
Proses swab test calon penumpang pesawat di Bandara Husesin Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Ivander Geoffrey, mahasiswa semester akhir Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung ini tak pernah mengira bakal mengeluarkan biaya Rp900.000 demi magang yang bakal dijalani di Bali mulai minggu depan. Karena untuk perjalanan ke Bali, dia mesti menjalani swab test agar bisa naik pesawat dari Bandara Husien Sastranegara , Bandung ke Denpasar.

(Baca juga: Calon Penumpang Pesawat Jalani Tes Swab, Antrean Mengular di Bandara Husein Sastranegara)

Menurut dia, informasi diberlakukannya wajib swab test baru saja didapat di media massa beberapa terkahir. Sementara dia bersama enam orang lainnya mesti mulai magang minggu depan. Hari Senin, dia mesti sudah ada di Bali untuk mulai proses magang di sebuah hotel.

(Baca juga: Usai Salat Jumat, PUI Sebar Pemberitahuan Unjuk Rasa di Mapolresta Kediri)

Cerita Mahasiswa Bandung, Mesti Bayar Swab Test Rp900.000 Demi Magang di Bali


"Agak kaget juga, karena tiket pesawat sudah dibeli, dan harus menggunakan hasil swab test yang harganya cukup mahal," katanyadi Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jumat (18/12/2020).

Dia mengaku, lebih memilih membayar swab test ketimbang harus cancel dan mengunakan transportasi darat. Karena, secara biaya akan tidak jauh berbeda. Belum lagi, bila mengunakan angkutan bus akan rentan dan memerlukan waktu lama.

"Menang cukup memberatkan, tapi mau bagaimana lagi. Kalau ini hanya perjalanan wisata, mungkin dibatalkan saja. Tapi ini kan buat magang, nyari perusahaan yang mau menerima magang juga susah. Jadi enggak mungkin dibatalkan," beber dia.

Dia mengaku, harus mengeluarkan biaya ekstra untuk swab test ini. Apalagi, dana pendidikannya masih bergantung kepada orang tua. Dia pun mengaku dilematis menilai kebijakan ini. Satu sisi baik untuk menjaga penyebaran COVID-19, di sisi lain memberatkan bagi dia sebagai mahasiwa.

Ivander bercerita, dia tak segan antre berjam jam di Bandara Husien untuk mendapatkan swab test seharga Rp885.000. Karena untuk harga swab test di luar bandara, harganya lebih mahal. "Hari ini saya tunggu sampai jam 12, kalau masih panjang anteannya, paling besok pagi pagi jam 5.30 ke sini lagi," katanya.

Diketahui, puluhan penumpang pesawat terpantau antre di Bandara Husein Sastranegara Bandung mengikuti swab test sejak pagi hari, Jumat (18/12/2020). Antrean terjadi setelah pemerintah menerapkan aturan swab test untuk penumpang pesawat yang akan ke Bali.Pantauan di lapangan, antrean terjadi cukup panjang. Sementara loket untuk swab test hanya ada satu tempat di lantai 2. Antrean itu mengular sampai lantai 1.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)