Dinas Perpustakaan dan Arsip Siapkan Pojok Baca Digital di Terminal Makale

Jum'at, 18 Desember 2020 - 15:09 WIB
loading...
Dinas Perpustakaan dan Arsip Siapkan Pojok Baca Digital di Terminal Makale
Persiapan launching pojok baca digital di terminal Malale, Tana Toraja. Foto: SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tana Toraja menyiapkan fasilitas pojok baca digital di area terminal Makale .

"Tahun ini, kami mengusulkan tiga lokasi pembuatan pojok baca ke Perpustakaan Nasional RI . Yakni di bandara Toraja , pasar Seni Makale dan terminal Makale. Namun, tahun ini, baru disetujui satu lokasi, yakni pojok baca digital di terminal Makale ," ujar Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tana Toraja, Nirus Nicolas di Makale, Jumat (18/12/2020).



Nirus mengatakan, keberadaan pojok baca digital di terminal Makale dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan minat baca . Pojok baca digital di terminal Makale didukung sekitar 3.360 buku digital, serta dilengkapi berbagai peralatan lainnya. Seperti tiga unit komputer dan smart phone tablet, serta dilengkapi dengan jaringan internet.

Seluruh peralatan pojok baca digital yang ada di terminal Makale merupakan hibah dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional .

"Rencananya, pojok baca digital itu akan dilaunching pekan depan," ujarnya.

Nirus berharap, warga dapat memanfaatkan pojok baca digital untuk kegiatan positif dan mengisi waktu dengan membaca buku.

Informasi maupun buku yang ada di pojok baca digital bukanlah hoaks, melainkan buku dan informasi yang bisa menjadi referensi untuk kepentingan pendidikan baik formal maupun informal. "Tidak ada informasi hoaks di pojok baca digital," jelasnya.



Selain bantuan pojok baca digital, lanjut Nirus, Dinas Perpustakaan dan Arsip Tana Toraja juga mendapat bantuan hibah Rp10 miliar dari Perpustakan Nasional RI .

"Bantuan hibah Rp10 miliar itu untuk pembangunan gedung perpustakaan modern di Kabupaten Tana Toraja. Rencananya pembangunan tersebut akan dimulai di tahun 2021 mendatang," kata Nirus.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)