Selain Ridwan Kamil, Penyidik Polda Jabar Juga Periksa Panitia Acara di Megamendung

Rabu, 16 Desember 2020 - 10:41 WIB
loading...
Selain Ridwan Kamil, Penyidik Polda Jabar Juga Periksa Panitia Acara di Megamendung
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menunjukkan simbol cinta saat berjalan memasuki Gedung Ditreskrimum Polda Jabar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (16/12/2020). SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Selain Gubernur Jabar Ridwan Kamil , penyidik Polda Jabar juga memeriksa dua orang diduga panitia penyelenggara acara peletakan batu pertama pembangunan Ponpes Alam Agrokultural Markaz Syariah di Megamendung, Bogor.

Setelah sempat absen pada pemanggilan pertama pada Senin 14 Desember 2020, akhirnya mereka bersedia hadir hari ini, Rabu (16/12/2020).

Dua panitia acara di Megamendung pada Jumat 13 Maret 2020 tersebut adalah, Habib Muchsin Alatas dan Ustaz Asep. Mereka hadir di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta dengan didampingi pengacara Front Pembela Islam (FPI) Sugito Atmo Prawiro dan Azis Yanuar.

Habib Muchsin Alatas dan Ustaz Asep tiba di Mapolda Jabar sekitar pukul 09.02 WIB dan langsung masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar.

"Hari ini pemeriksaan saksi mengenai masalah kerumunan di Megamendung. Ini hadir dua orang, Habib Muchsin dan Ustaz Asep," kata Sugito sebelum masuk ke ruang penyidik.

Sugito belum memberi penjelasan lebih rinci terkait pemeriksaan itu. Namun yang pasti, kedua orang itu datang berstatus sebagai saksi. "Ini pemeriksaan sebagai saksi," ujarnya.

Meski Habib Rizieq telah jadi tersangka dan ditahan, Polda Jabar tetap melanjutkan penyidikan kasus kerumunan massa pendukung dan simpatisan dalam acara peletakan batu pertama Ponpes Alam Agrokultur Markaz Syariah di Megamendung, Bogor pada Jumat 13 November 2020 lalu.

Acara tersebut dihadiri Habib Rizieq Shihab dan diperkirakan dihadiri oleh lebih dari 3.000 orang. Sebagian besar orang yang hadir tak mengindahkan protokol kesehatan, tak mengenakan masker dan berdesakan.

(Baca juga: Waduh, Bakal Banyak Penumpang Batal Terbang ke Bali, Ini Kebijakan Bandara Husein Bandung)

Akibat kejadian ini, sejumlah orang diperiksa, termasuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Hari ini Polda Jabar menjadwalkan pemeriksaan terhadap Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Selain kasus Megamendung, penyidik Polda Jabar bersama Polres Kota Bogor juga tetap melanjutkan penyidikan kasus dugaan menghalang-halangi penanggulangan pandemi COVID-19 di RS UMMI.

(Baca juga: Tim Bantuan Hukum FPI Hadir dalam Agenda Pemeriksaan Ridwan Kamil)

Dalam kasus ini, pihak RS UMMI tak mengizinkan tim Satgas COVID-19 Kota Bogor memeriksa Habib Rizieq untuk dites swab. Padahal saat itu, Habib Rizieq tengah berada di RS UMMI.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)