Pilkada 2020, 15 Ketua Parpol di Sulsel Tumbang

Senin, 14 Desember 2020 - 08:29 WIB
loading...
Pilkada 2020, 15 Ketua Parpol di Sulsel Tumbang
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 15 ketua partai politik (parpol) di Sulsel tumbang pada pilkada serentak 2020 ini. Melalui perhitungan real count KPU sementara, suara mereka tertinggal dari rivalnya.

Nasdem menjadi partai yang paling banyak memilik kader sebagai ketua yang tidak bisa berkutik di pilkada . Pasalnya, partai ini hampir semua daerah mendorong ketua partainya maju di pilkada 2020 di Sulsel.



Enam ketua DPD Nasdem kabupaten/kota yang tumbang ialah Andi Harmil Mattotorang di Maros, Yosia Rinto Kadang di Toraja Utara, Arum Spink di Bulukumba, Irwan Bachri Syam di Luwu Timur dan Muh Thahar Rum di Luwu Utara.

Satu lainnya ialah Nicodemus Biringkanae sebagai Ketua Nasdem Tana Toraja. Nico yang berpaket dengan Victor Datuan Batara terancam tumbang karena perolehan suaranya di KPU saat ini kalah dari Theofilius-Allorerung. Sekali pun Nico-Victor sempat mengklaim unggul di perhitungan cepat.

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif tak mempersoalkan hal tersebut. Malahan dia mengapresiasi seluruh ketua partai yang maju karena taat dengan instruksi partai.

“Kita memberi apresiasi kepada kader yang telah membesarkan partai dan berkontestasi di pilkada . Soal hasil, yang penting mereka sudah berusaha dan hasilnya sudah sangat maksimal sekali," ucap Syahar sapaannya, kemarin.

Syahar mengatakan, menang atau kalah persoalan belakangan. Nasdem kata dia, sudah memperlihatkan eksistensi sebagai partai politik untuk memberikan pendidikan politik kepada kader dan masyarakat.



Wakil Ketua DPRD Sulsel ini mencontohkan, peran Nasdem di Lutim. Syahar menyebut Nasdem tampil kedua kalinya untuk menyelamatkan demokrasi, yang tadinya akan menjadi kolom kosong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)