Balada Polisi Pengaman Pilkada: Berangkat Negatif Pulang Dilarang Positif

Jum'at, 11 Desember 2020 - 14:03 WIB
loading...
Balada Polisi Pengaman Pilkada: Berangkat Negatif Pulang Dilarang Positif
Balada Polisi Pengaman Pilkada: Berangkat Negatif Pulang Dilarang Positif. Foto/SINDOnews/Taufik
A A A
SEMARANG - Sebanyak 16.000 personel polisi dikerahkan mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2020 yang tersebar 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Bukan hanya memastikan pesta demokrasi berjalan tertib, mereka juga sekaligus menjaga tak terjadi klaster COVID-19.

Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona, sebelum diterjunkan polisi mesti dipastikan dalam kondisi sehat. Mereka menjalani tes swab antigen. Bila hasilnya reaktif, mereka menjalani isolasi mandiri untuk mengembalikan kesehatannya.

“Kita melaksanakan pengamanan ini betul-betul dijamin kesehatannya. Oleh Bapak Kapolda, sebelum berangkat kita lakukan tes swab antigen seluruh anggota dan seluruhnya dinyatakan negatif (Covid-19) dan sehat,” kata Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Jumat (11/12/2020).

(Baca juga: Bawa Clurit, Dua Remaja Warga Bantul Diamankan Polisi)

Setelah diterjunkan untuk menjaga pelaksanaan pencoblosan di seluruh tempat pemungutan suara (TPS), pasukan polisi kembali menjalani tes swab antigen.

(Baca juga: Terdampak COVID-19, Pendapatan PDAM Salatiga dari Industri dan Niaga Turun 50 Persen)

Tujuannya sama seperti sebelum diberangkatkan, yakni memastikan tak tertular COVID-19. “Hari ini kita melaksanakan lagi swab evaluasi setelah melaksanakan kegiatan pengamanan di TPS. Jadi kita tidak mau anggota pulang dari pengamanan ternyata nanti ada yang positif. Makanya hari ini semua anggota baik di Polda maupun di Polres-Polres dilakukan swab lagi,” tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)