BPBD Minta Masyarakat Waspada Perubahan Cuaca Secara Tiba-tiba

Kamis, 10 Desember 2020 - 11:21 WIB
loading...
BPBD Minta Masyarakat Waspada Perubahan Cuaca Secara Tiba-tiba
Salah satu rumah warga di Bandung Barat yang rusak tertimpa pohon tumbang akibat cuaca ekstrem dengan ditandai turunnya hujan disertai angin kencang yang datang secara tiba-tiba. Foto/Dok.BPBD KBB
A A A
BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mengimbau masyarakat untuk mewaspadai perubahan cuaca yang bisa terjadi tiba-tiba.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir hujan disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah KBB. Akibatnya ada beberapa laporan kejadian pohon tumbang dan rumah yang tertimpa.

"Sekarang cuaca sedang tidak menentu, kadan pagi panas tapi siang tiba-tiba hujan disertai angin kencang. Kadang juga seharian hujan, makanya masyarakat harus waspada," terangnya, Kamis (10/12/2020).

(Baca juga: Sempat Padam Akibat Cuaca Ekstrem, PLN Pastikan Ribuan Gardu Telah Pulih )

Menurutnya dalam beberapa hari kedepan cuaca yang tidak bersahabat masih akan terjadi. Apalagi informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem sedang terjadi akibat pergantian musim dan fenomena La Nina.

"Sekarang sudah masuk musim hujan jadi kemungkinan hujan disertai angin kencang masih berpeluang terjadi sewaktu-waktu,” sambungnya.

Disinggung soal imbas cuaca ekstrem, Duddy menyebutkan ada beberapa laporan pohon tumbang di wilayah Cikole, Lembang. Kemudian pada Selasa (8/12/2020) lalu, dalam sehari ada rumah warga di lima kampung mengalami kerusakan karena tertimpa pohon tumbang atau atapnya tersapu angin kencang.

(Baca juga: Suasana di Mapolda Jabar Jelang Pemeriksaan Habib Rizieq Hari Ini )

Seperti di Kampung Babakan Cianjur RT 02/03, Desa/Kecamatan Cihampelas, KBB, 2 rumah rusak akibat hujan disertai angin kencang. Di Kampung Sawo Mekar RT 03/22, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, 1 rumah rusak tertimpa pohon.

Lalu di Kampung Cicadas dan Cijati, Desa Sari Mukti, Kecamatan Cipatat, 3 rumah rusak, dan di Kampung Bonceret, Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, 1 ruko rusak akibat hujan lebat disertai angin kencang.

"Menyikapi hal ini petugas piket BPBD terus bersiaga dan intensif berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2786 seconds (11.252#12.26)