Suasana di Mapolda Jabar Jelang Pemeriksaan Habib Rizieq Hari Ini

Kamis, 10 Desember 2020 - 09:57 WIB
loading...
Suasana di Mapolda Jabar Jelang Pemeriksaan Habib Rizieq Hari Ini
Area Gedung Ditreskrium Polda Jabar, tempat dimana Habib Rizieq bakal menjalani pemeriksaan terkait kerumunan massa pendukungnya di Megamendung, Kabupaten Bogor tampak lengang, Kamis (10/12/2020). SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menjadwalkan pemeriksaan Habib Rizieq Shihab di Markas Polda (Mapolda) Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (10/12/2020).

Agenda pemeriksaan terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu bertujuan mengklarifikasi peristiwa kerumunan massa di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu. Kasus tersebut kini sudah dalam tahap penyidikan.

Pantauan di Mapolda tampak lengang. Tidak ada peningkatan aktifitas yang menonjol. Bahkan, pemandangan di halaman depan mako juga seperti biasa saja.

(Baca juga: Habib Rizieq Dijadwalkan Diperiksa Penyidik Hari Ini, Polda Jabar Siapkan Pengamanan )

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A Chaniago meminta, para pendukung Habib Rizieq Shihab tidak ikut hadir mengawal jalannya pemeriksaan. Bahkan, dia pun mengimbau agar mereka tidak masuk area Mapolda Jabar.

"(Pendukungnya) tetap kita tidak perbolehkan masuk karena yang akan diperiksa kan cuman satu orang. Paling penyidik akan menerima satu atau dua orang pengacara yang mendampinginya (Rizieq Syihab)," katanya.



Namun, ada jika situasi tidak terkontrol, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi, agar tidak terjadi kerumunan massa yang berpotensi menyebarkan COVID-19.

"Tentunya (simpatisan Rizieq Syihab) akan ditempatkan di luar Mapolda. Akan kita atur. Kami juga akan siapkan pengamanan lalu lintas, termasuk protokol kesehatannya," tegasnya.

(Baca juga: Kota Cimahi Zona Oranye, Kaum Perempuan Lebih Banyak Terkonfirmasi COVID-19 )

Berdasarkan pantauan hingga pukul 09.00 WIB, tidak tampak pengamanan berarti di area Mapolda Jabar, khususnya di pintu gerbang Mapolda Jabar. Meskipun sejumlah polisi bersiaga di pos penjagaan, namun pengunjung bisa masuk dengan leluasa ke area Mapolda Jabar.

Begitu pun di area Mapolda Jabar yang juga tidak tampak adanya peningkatan pengamaman. Bahkan, suasana di area Mapolda Jabar, khususnya di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrium), tempat dimana Habib Rizieq bakal menjalani pemeriksaan pun tampak lengang.

Sejumlah awak media masih menunggu kehadiran Habib Rizieq di depan Gedung Ditreskrimum. Hingga kini, belum ada keterangan resmi kapan Habib Rizieq tiba di Mapolda Jabar.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)